Begini Cara Ikan Pari Menyengat Manusia

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

Ikan pari tampak menjadi buah bibir baru-baru ini, usai Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin tersengat ikan pari ketika berlibur bersama keluarga di Pulau Sangalaki, Kalimantan Timur. Bagaimana ikan pari bisa menyengat manusia. Dilansir Nationalgeographic, Senin (5/2/2018), ikan pari dapat menyebabkan luka yang sangat menyakitkan, namun dalam kebanyakan kasus, rasa sakit adalah gejala terbesar. Pada liburan tahun baru di mana banyak orang mengunjungi pantai dan cuaca yang hangat, maka banyak pengunjung pantai yang menuju ke laut. Ombak yang sangat rendah juga menarik orang untuk melangkah lebih jauh ke laut.

“Setelah sekitar 2 jam di Sangalaki, kami bersiap menuju Pulau Kakaban. Ketika hendak naik boat, dan permukaan air laut masih sebatas betis, tiba-tiba ikan pari menyengat bawah mata kaki di atas tumit kaki kanan saya,”Menag Lukman menceritakan kronologi dirinya tersengat ikan pari

ikan pari akan menyengat jika manusia secara tidak sengaja menginjak ikan pari

Dalam artikel yang diterbitkan How Stuff Works, ikan pari akan menyengat jika manusia secara tidak sengaja menginjak ikan pari. Secara otomatis, ikan pari akan menyerang dengan ekornya yang berbahaya. Umumnya yang diserang adalah pergelangan atau telapak kaki. Sengatan ini dilakukan oleh semua ikan pari saat membela diri. Ikan bertulang rawan ini memiliki sengat berduri yang berada di tengah-tengah ekor atau dekat pangkal ekor.

Apa itu sengatan ikan beracun?

Ikan yang menyengat biasanya memiliki racun dalam sirip dorsal. Ikan pari memiliki satu atau lebih racun sirip pada ekornya. Karena kekuatannya, ikan pari sering juga menyebabkan goresan.

Apa saja tanda dan gejalanya?

Sengatan dari hewan ini menyebabkan nyeri dan kemerahan. Ini juga umumnya menyebabkan lemas, berkeringat, demam, muntah, kram otot, kelumpuhan, atau bahkan terkejut.

(Visited 97 times, 1 visits today)