Begini cara Mudah Menghapus Memori Internal Android

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

erase-sd-card

Memori Internal atau lebih di kenal dengan memori telepon merupakan tempat penyimpanan OS Android. Semua data sistem dan aplikasi tersimpan di memori internal. Selain itu, terkadang ada juga data pribadi yang tersimpan di memori tersebut, seperti Foto, Musik, dan Video. Menghapus ataupun format memori Internal secara keseluruhan adalah tindakan yang sangat beresiko, karena memang Memori tersebut berisikan OS Android. Jadi, apabila dihapus secara keseluruhan maka Smartphone Android anda tidak akan bisa digunakan lagi, kecuali anda telah melakukan backup pada semua data sistem.

Alasan anda menghapus memori Internal mungkin saja disebabkan oleh lemot atau lelet pada ponsel android, sehingga anda berkeinginan untuk mengembalikan Android seperti setelan pabrik atau awal agar lebih baru dan fresh. Lemot atau lelet itu mungkin saja banyaknya data temporary yang tidak pernah anda hapus, sehingga membuat Memori Internal penuh. Saran saya, sebaiknya tambahkan pula dengan memori Eksternal (Kartu SD) agar semua data aplikasi dapat anda pindahkan atau tambahkan pada memori Eksternal tersebut. Minimal bisa menggunakan memori Eksternal sebesar 4 GB atau 8 GB.

Cara Menghapus Memori Internal Android

  • 1. Hapus aplikasi yang tidak terpakai dapat menambah kapasitas memori

    Jika anda memiliki aplikasi yang jarang sekali digunakan, baik itu aplikasi system ataupun third-party lebih baik dibuang. Menghapus aplikasi bloatware dapat menambah kapasitas free memory dan meningkatkan performa smartphone Android.Cara menghapus aplikasi Android, masuk ke Settings kemudian pilih Apps. Hapus aplikasi-aplikasi yang sekiranya tidak penting sesuai kebutuhan Anda

  • 2. Hapus cache yang menumpuk dapat meningkatkan free space memori

    Selain menghapus aplikasi, membersihkan cache dari apps yang meninggalkan temporary file juga dapat menambah kapasitas memori. Hal ini pernah di ulas di artikel Cara Menghilangkan Insufficient Storage Available dan Menambah Kapasitas Internal Android.

  • 3. Hapus file yang tidak penting dapat menaikkan kapasitas memori secara signifikan

    Kebanyakan orang sering meninggalkan begitu saja file hasil unduhan mereka di smartphone yang mana tanpa ia sadari file tersebut mengkonsumsi banyak sekali ruang memori. Lantas? Tinggal pindah atau langsung delete saja jika Anda melihat ada banyak sekali file dengan ukuran puluhan MB menumpuk di folder /download/ storage Android Anda.

  • 4. Memindah aplikasi ke SDCard dapat mengosongkan memori internal

    Cara ini sudah sedikit usang di era 2015 ini. Namun bagi pengguna smartphone keluaran lama, memindah aplikasi yang terpasang ke memori SDCard sangat direkomendasikan.Keuntungan dari cara ini, pengguna dapat memasang lebih banyak aplikasi Android tanpa memberikan beban signifikan ke space internal. Artinya, bukan berarti memori internal tidak dipakai sama sekali. Mungkin pembagiannya data-data aplikasi 80% tersimpan di SDCard sedangkan sisanya terletak di memori internal.Memori SDCard menyumbang performa yang buruk terhadap ponsel. Akhir-akhir ini sering diulas masalah-masalah yang sering muncul akibat adanya SDCard ini sehingga para vendor smartphone sudah banyak mempertimbangkan untuk meningkatkan kapasitas memori internal dan menghilangkan slot memori eksternal. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda berniat memindah aplikasi ke SDCard salah satunya merk dan class SDCard itu sendiri. Semakin baik kualitas memori eksternal, semakin bagus pula kinerja Android Anda

(Visited 3,958 times, 15 visits today)