Belum selesai evakuasi pasca Ambruknya Balkon BEI, Giliran Museum Bahari Terbakar

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

Kegagalan bangunan di Gedung BEI tersebut menyebabkan 72 orang mengalami luka-luka. Dari hasil investigasi, Kementerian PUPR menyimpulkan dugaan sementara yakni beban yang terkonsentrasi di satu titik selasar menyebabkan salah satu penggantung terlepas, sehingga memicu penggantung lainnya terlepas. Selain itu, beban yang ada pada saat peristiwa tidak mampu dipikul oleh tumpuan pada dinding vertikal, sehingga memicu kegagalan bangunan. Dugaan kegagalan bangunan gedung pada selasar mezzanine Lobi Gedung BEI terjadi karena: (a) sling putus, (b) penjepit sling terlepas, (c) baut tidak kencang, (d) baut patah, (e) penurunan kekuatan sling, baut, atau penjepit akibat korosi, (f) robeknya pertemuan baja dengan beton kolom dan/atau balok.

Belum selesai evakuasi pada Ambruknya Gedung BEI, Giliran Museum Bahari Terbakar. Bagaimana berita selanjutnya ? Mari kita simak pada ulasan berikut.

Kebakaran berasal dari percikan api pada lampu tempel yang korslet di lantai tiga Gedung C

Menurut Rahmat ( saksi kunci) , kebakaran berasal dari percikan api pada lampu tempel yang korslet di lantai tiga Gedung C. Percikan api kemudian mengenai material plastik di dalam ruangan yang juga difungsikan sebagai gudang. Bahkan dirinya sempat mencoba memadamkan api dengan menggunakan apar, namun tidak membuahkan hasil.

Jadi lampu neon panjang korslet dan terbakar dan jatuh ke bawah. Di bawahnya itu ada barang-barang plastik. Namanya juga gudangsaksi yang bernama Rahmat

Museum ini pun punya perjalanan sejarah yang luar biasa

Museum ini pun punya perjalanan sejarah yang luar biasa. Bangunan dan menaranya menjadi saksi kejayaan VOC yang memperdagangkan kekayaan alam Nusantara kala itu. 

Beberapa fakta-fakta keistimewaan tersebut, dirangkum KompasTraveldalam 7 hal berikut ini:

Saat masa jayanya yaitu abad ke 17, VOC menyimpan banyak kekayaan Nusantara di gudang ini. VOC yang merupakan persekutuan dagang Belanda meyimpan, memilah, menjemur, dan mengepak stok-stok rempah seperti kopi, teh, dan cengkeh di gudang ini.

(Visited 18 times, 1 visits today)