Benarkah harga emas naik menjelang Lebaran ?

In Panduan Forex Pemula by Della Fitriani

gold

Entah ada kaitannya atau tidak. Setiap menjelang Hari Lebaran, harga emas pasti naik. Mungkin terkait dengan pandangan sebagian warga. Tradisi mudik bagi sebagian warga disikapi pula dengan ajang pertunjukan diri. Ajang untuk membanggakan diri atas kesuksesannya di Jakarta. Salah satu simbolnya adalah dengan beragam perhiasan emas di badan, terutama untuk kaum hawa. Sebagian masih menganggap kerabat di kampung akan lebih memandang mereka jika mereka berhiaskan emas. Turunnya harga emas beberapa waktu yang lalu, berubah haluan menjelang Hari Lebaran. Harga emas terpantau naik secara konstan. Maksudnya, naik terus menjelang Lebaran. kemungkinan ini menjadi salah satu alasan meningkatnya kenaikan harga emas. Tapi apakah benar harga emas menjelang lebaran ? Sedangkan yang biasanya antusias dengan emas menjelang lebaran biasanya penduduk Indonesia. Bagaimana sebenarnya kenyataanya ? Mari kita simak.

Mitos: Harga Emas akan turun setelah Idul Fitri

Agar sedikit ilmiah, saya ingin mengemukakan fakta berupa histori harga emas selama 10 tahun pada hari-H Idul Fitri kemudian di komparasi dengan harga 2 minggu setelahnya. Berikut adalah harga pada saat Hari Raya Idul Fitri dan Pasca Hari Raya Idul Fitri dari tahun ke tahun sejak 2001.

harga emas

Dari data-data histori diatas, sebenarnya kita dapat mengambil kesimpulan bahwa perayaan idul fitri tidak terkait langsung dengan penurunan harga emas. Dari data 10 tahun terakhir yang diperoleh, yang terjadi justru lebih banyak kenaikan harga emas dari pada penurunan. Konsumsi terhadap emas di Indonesia boleh jadi memang menurun, tapi jangan lupa bahwa patokan harga emas adalah harga emas dunia. Perilaku pasar emas di Indonesia memang agak unik. Dari yang saya amati selama beberapa tahun terakhir, jika harga emas dunia turun biasanya banyak yang berbondong-bondong membeli emas, membuat stok emas jadi agak langka di pasar domestik. Sehingga meskipun pasar emas dunia turun, tak jarang harga emas di Indonesia tetap tinggi. Namun hal ini tidak terjadi sebaliknya, ketika harga emas dunia tinggi dan meskipun stok emas di Indonesia sangat mudah di dapat, harga emas di Indonesia tetap mengikuti harga emas dunia yang tinggi.

Kesimpulan :
Saat menjelang maupun sesudah lebaran tidak ada kenaikan maupun penurunan yang signifikan pada emas. Jadi jangan sampai tertipu oleh data yang tidak ilmiah menyebabkan kerugian dalam investasi emas anda.
(Visited 3,153 times, 1 visits today)