Senat Teken Cetak Biru Tax Reform Trump, USD/JPY Melesat

Dolar AS melejit terhadap Yen di Jumat (20/Okt) siang ini seiring dengan meningkatnya optimisme pasar terhadap prospek reformasi pajak (tax reform) AS. Senat AS telah menyetujui anggaran bernilai triliunan Dolar yang diajukan Trump untuk agenda reformasi pajaknya. Baca Selengkapnya »

Harga Minyak Terus Meningkat Disangga Berbagai Faktor

Harga minyak terus menanjak pada sesi perdagangan Asia hari Rabu pagi tadi (18/Oktober). Kenaikan terutama didorong oleh laporan turunnya persediaan minyak mentah AS dan ketegangan di kawasan Kurdistan, Irak. Saat berita ditulis, harga minyak mentah Brent telah naik 0.73% ke kisaran $58.27, sedangkan West Texas Intermediate (WTI) naik 0.5% ke $52.12 per barel. Baca Selengkapnya »

Kandidat Ketua The Fed Di Luar Dugaan, Dolar Menguat

Dolar AS menguat terhadap mata uang-mata uang mayor lainnya di sesi Asia, Selasa (17/Okt) siang ini, terdukung oleh kenaikan yield obligasi US Treasury akibat Trump Effect. Presiden AS, Donald Trump, dikabarkan lebih menyukai figur Ketua The Fed yang bersentimen hawkish untuk mengisi masa jabatan mulai tahun depan. Baca Selengkapnya »

Euro Defensif, Fokus Pasar Ke Catalonia Dan ECB

Euro terpantau defensif di sesi perdagangan Senin (16/Okt) pagi tadi setelah dihelatnya Pemilu Austria dan adanya perkembangan terbaru mengenai konforontasi Catalonia dengan Madrid. Sementara itu, Dolar AS sebagai rival Euro, masih bergerak dalam momentum yang minim setelah lemahnya data inflasi AS akhir pekan lalu. Baca Selengkapnya »

CPI AS September Naik, Trend Inflasi Masih Lemah

Indeks Harga Konsumen AS mencatatkan kenaikan terbesar dalam delapan bulan terakhir pada bulan September karena kenaikan harga minyak akibat terjadinya badai di kawasan Gulf Coast yang menghambat produksi kilang minyak. Meski mencatatkan kenaikan cukup baik bulan lalu, namun trend Inflasi AS pada dasarnya masih terlihat lemah. Baca Selengkapnya »

Pasca Rilis IEA, Harga Minyak Jatuh Bangun Di Kisaran Terbatas

Secara umum, permintaan (demand) dan pasokan (supply) minyak mentah global akan seimbang tahun depan; demikian diungkapkan dalam laporan bulanan International Energy Agency (IEA). Kenaikan konsumsi diharapkan dapat menyusutkan persediaan bahan bakar tak terpakai yang selama nyaris tiga tahun terakhir ini menumpuk dan mengakibatkan harga minyak terpuruk. Namun, hal itu bergantung pada syarat-syarat kondisi tertentu. Baca Selengkapnya »

EUR/USD Mulai Turuni Puncaknya

Euro yang sejak kemarin mendulang kenaikan terhadap Dolar AS, terpantau menuruni puncak di sesi perdagangan Rabu (11/Okt) pagi ini. EUR/USD diperdagangkan pada kisaran 1.1800, dari sebelumnya di angka 1.1828, tertinggi sejak tanggal 29 September. Baca Selengkapnya »

Goldman Sachs Menilai Ada Potensi Pelemahan Aussie

Dolar Australia menerima dorongan naik yang cukup solid dari hasil survei Kepercayaan Bisnis Australia yang diumumkan Selasa (10/Okt) pagi tadi. AUD/USD diperdagangkan pada kisaran 0.7780, naik 0.39 persen dari posisi sebelumnya. Perusahaan-perusahaan di Australia merasa percaya diri dengan kondisi bisnis saat ini. Mereka yakin kondisi bisnis masih bisa terangkat naik dari penurunan yang terjadi pada bulan Agustus lalu. Baca Selengkapnya »

NZD/USD Awali Pekan Dari Level Rendah Empat Bulan

Mata uang New Zealand mengawali pekan ini dari bawah. NZD/USD tersuruk ke level rendah empat bulan di hari Senin (09/Okt) pagi tadi, setelah perhitungan suara final Pemilu New Zealand yang dirilis akhir pekan kemarin, masih gagal mendapatkan pemenang. Baca Selengkapnya »

NFP AS September Anjlok, Tapi Gaji Pekerja Melonjak

Laporan yang dipublikasikan oleh Departemen Tenaga Kerja AS menyebutkan bahwa bulan lalu terjadi penurunan lapangan kerja sebanyak 33,000 (NFP -33,000). Alhasil, Non Farm Payroll yang rilis malam ini lebih buruk dibandingkan ekspektasi ekonom yang memprediksi NFP akan bertambah 82,000, serta lebih suram juga dari data periode Agustus yang direvisi naik menjadi 169,000. Baca Selengkapnya »

Artikel Lama Lainnya...

(Visited 429 times, 1 visits today)