Bisa Pergi ke Luar Angkasa Lewat Google Maps

In Berita Terhangat dan Terkini by Reza Pahlevi

Seperti apa rasanya berada di dalam stasiun luar angkasa International Space Station (ISS) yang melayang-layang ratusan kilometer di atas Bumi? Meski belum bisa benar-benar pergi ke luar angkasa, pengguna internet kini dapat “berjalan-jalan” menelusuri bagian dalam dari ISS lewat Google Street View.

Foto-foto interior ISS belakangan ditambahkan ke layanan jelajah dunia tersebut oleh Google. Seperti Street View di Bumi, foto-foto ISS disajikan dalam format panorama 360 derajat. Pengguna bisa melihat ke semua arah dengan menggerakkan kursor. Tur virtual Street View mencakup seluruh bagian ISS yang bisa ditinggali manusia dan interior dari dua pesawat luar angkasa komersil, yakni ATK Cygnus dan SpaceX Dragon.

ISS terdiri dari 15 modul dengan fungsi yang berbeda-beda, mulai dari tempat tidur hingga cupola untuk observasi planet Bumi.
Foto-foto Streetview di ISS tidak diambil menggunakan mobil berkamera seperti biasa karena jelas tidak muat di ISS. Pengambil gambar adalah Thomas Pesquet, seorang astronot European Space Agency, yang tinggal di ISS dari Januari hingga Juni 2017. Pesquet menjepret serangkaian foto dengan kamera DSLR yang sudah ada di ISS sebelumnya, lantas mengirimkan gambar-gambar tersebut ke Bumi, untuk kemudian dijahit menjadi panorama 360 derajat Street View.

Note :
ISS sekaligus menjadi tempat pertama di luar planet Bumi yang bisa dijelajahi lewat Streetview. Silakan klik tautan berikut untuk melihat-lihat stasiun luar angkasa tersebut.
(Visited 35 times, 1 visits today)