Bukti Ini Pasokan Dinosaurus T-rex Punya Hidung yang Peka

In Berita Terhangat dan Terkini by Reza Pahlevi

Washington D.C – Anda tidak bisa menilai segala sesuatu dengan ukuran. Meski pun giginya menakutkan dan memiliki badan yang rumit, Tyrannosaurus-Rex atau T-rex adalah kekasih yang sensitif menurut sebuah studi terbaru, baru-baru ini. Dinosaurus pemakan daging ini (karnivora) memiliki sisi yang sensitif pada hidungnya, sepeka jari manusia.

T-Rex_2Kontras dengan gigi yang panjangnya 22,86 cm dan tubuh setinggi 6,096 meter, dinosaurus ini memiliki hidung yang sangat ingin disentuh. T-rex menggunakan sentuhan hidung untuk menyelidiki lingkungan sekitar, membangun sarang, dan secara hati-hati mengambil telur yang rapuh. Selain itu, T-rex juga menikmati saat-saat menggosok wajah sensitifnya dengan pasangan.

Para peneliti AS dari Carthage College di Wisconsin dan Louisiana State Universitymenulis dalam jurnal Scientific Reports: “Dalam pacaran, tyrannosaurus menggosok wajah sensitif mereka bersama-sama sebagai bagian penting bercumbu sebelum berhubungan intim.”  Teori baru tentang T-rex telah dibantu oleh penemuan anggota baru keluarga tyrannosaurus yang dinamakan Daspletosaurus horneri (kadal menakutkan Horner) di Montana, AS. Dinosaurus ini hidup sebelum T- rex, sekitar 74 juta tahun lampau dan jauh lebih kecil dengan panjang tubuh 7 meter. Fosil kadal ini tidak biasanya diawetkan dan wajah mereka menjadi penemuan paling menakjubkan.

Catatan :
Para peneliti meyakini dinosaurus dan tyrannosaurus lainnya termasuk T- rex mengenakan topeng besar, bersisik datar, dan pelindung seperti kulit di sekitar moncong dan rahang. Mereka menemukan permukaan yang keras di moncong, memiliki banyak “foramen”. Hal ini membuat wajah T-rex sangat sensitif.
(Visited 19 times, 1 visits today)