Cara Hemat Data di Instagram

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

Sebagian dari Anda pasti pernah mengeluhkan penggunaan aplikasi media sosial yang telah menguras kuota internet. Hal ini memang terdengar sepele karena kalau kuota habis Anda bisa dengan mudah membelinya lagi. Namun, daripada bolak-balik membeli paketan internet, mengapa Anda tidak melakukan penghematan kuota saja?

Ya, salah satu media sosial yang dapat dihemat pemakaian internetnya adalah Instagram. Aplikasi ini menawarkan sarana berbagi foto dan video yang telah digandrungi banyak kalangan. Memang kalau sekadar membuka foto mungkin tak akan terlalu menguras kuota internet, tetapi bagaimana dengan video? Terlebih, video di Instagram telah diatur autoplay, bukankah ini sama halnya dengan streaming video di YouTube?

Instagram belum menyediakan opsi untuk menyetop autoplay secara keseluruhan

Instagram belum menyediakan opsi untuk menyetop autoplay secara keseluruhan. Tapi, ada cara yang bisa dilakukan untuk menghemat data, yakni memilih opsi “Use Less Data”.

Opsi tersebut akan menghentikan mekanisme pre-loading video ketika Anda membuka aplikasi. Jadi, video hanya akan terputar otomatis ketika Anda menggulir layar dan sampai pada konten tertentu.

INFO :
Mengaktifkan fitur penghematan data di Instagram cukup mudah. Pertama, Anda cukup masuk ke halaman profil dan pilih menu Options, yang dilambangkan dengan ikon tiga titik vertikal yang ada di sebelah kanan atas. Setelah masuk ke menu Options, lakukan scroll down hingga Anda menemukan bagian Settings.

Di dalam menu Settings, Anda akan menemukan opsi Cellular Data Use. Tap menu tersebut dan akan muncul dua opsi, yaitu Default dan Use Less Data. Pilih opsi kedua untuk mengaktifkan fitur penghematan data.

(Visited 20 times, 1 visits today)