Catalonia Ajukan Kemerdekaan Sepihak, Euro Merosot Turun

In Berita Fundamental Ekonomi by Reza Pahlevi

Euro mengawali bulan Oktober ini dengan terlumat Dolar AS. Di sesi Asia Senin (02/Oktober) pagi ini, EUR/USD terjatuh setelah adanya klaim dari pemerintah Catalonia bahwa sebagian besar warganya menginginkan kemerdekaan dari Spanyol. EUR/USD jeblok hingga 0.1 persen ke angka 1.1796, karena para investor mengkhawatirkan situasi di Spanyol. Pada hari Minggu kemarin, polisi Spanyol bahkan terpaksa menggagalkan upaya para voters ilegal untuk Kemerdekaan Catalonia dengan cara keras seperti menembakkan peluru karet dan memukulkan pentungan.

Pimpinan kelompok Separatis Catalonia memberi isyarat bahwa mereka tak segan untuk mengadakan deklarasi kemerdekaan secara sepihak di awal pekan ini akibat banyaknya aktivis separatis yang menjadi korban tindakan keras polisi Spanyol.

Presiden Catalonia, Carles Puigdemont, memohon Uni Eropa untuk mendukung pihaknya dengan janji akan membawa bukti hasil pemungutan suara ke hadapan parlemen regional dalam beberapa hari ke depan. Hasil pemilu tersebut selanjutnya akan diolah sesuai dengan undang-undang referendum, sehingga, deklarasi kemerdekaan dapat diumumkan dalam 48 jam apabila permohonan Puigdemont disetujui.

“Warga Catalonia telah memenangi haknya untuk memiliki negara yang merdeka,” Puigdemont dalam pernyataan di sebuah stasiun televisi. Juru Bicara pemerintah Catalonia juga memaparkan dalam sebuah konferensi pers bahwa 2 juta dari 2.3 juta pemberi suara dalan referendum, menginginkan kemerdekaan Catalonia.

Khoon Goh, analis Australia & New Zealand Banking Group Ltd. di Singapura mengatakan,”Perkembangan di Catalonia menyebabkan Euro melemah di awal sesi perdagangan, akan tetapi dampak negatifnya diperkirakan tak akan menyebar lebih luas pada aset-aset Eropa,”

Informasi
Meski jeblok terhadap Dolar AS, Euro masih cukup tangguh menghadapi Pound dengan EUR/GBP yang sedikit melandai ke angka 0.8809, masih di level tinggi yang terbentuk akhir pekan. Sedangkan EUR/JPY berada pada posisi 132.875.
(Visited 35 times, 1 visits today)