Code Mendeteksi Eror pada EA

In Panduan EA / Robot Forex by Kia Pratiwi

Code ini digunakan untuk mendeteksi adanya kesalahan pada proses EA. Kesalahan bisa terjadi karena ketidaksesuaiannya antara harga yang diorder dengan jumlah posisi yang dijalankan. Proses eror sebenarnya bermacam-macam, bisa jadi karena market perhitungan kalkulasi pada fungsi, atau perbedaan antar harga dan equity. Semuanya bisa saja terjadi. Tujuannya dari eror tersebut, trader bisa mengetahui kesalahan yang terjadi.

Solusi Jika Terjadi Eror Pada EA

Solusinya adalah diberikan tambahan code pendeteksi adanya suatu kesalahan. Pendeteksian sendiri berfungsi untuk menampilkan sebuah kesalahan dan memunculkannya dipermukaan, sehingga trader tahu ada kesalahan yang perlu dibenahi segera.

Dibawah ini adalah code dasar dalam mendeteksi adanya jenis kesalahan. Berikut code yang bisa dipergunakan :

int iTickNum = 0;
int iLastError = 0;

iTickNum = OrderSet (OP_BUY, g_Lots, Ask, 3, 0, Ask + g_TakeProfit * g_Points, Red);
if (iTickNum <= 0)
{
iLastError = GetLastError();
if (iLastError != ERROR_SUCCESS) Alert(“Some Message”);

Di disini fungsi yang paling penting adalah GetLastError. Fungsi tersebut akan membaca suatu bentuk eror. Yang perlu diperhatikan adalah jangan memanggil GetLastError lebih dari satu kali. Kenapa? Karena disaat code tersebut dipanggil ia akan berusaha melakukan reset atau mengembalikan ke bentuk semua.

Hal ini akan terjadi perulangan yang terus menerus jika pemanggilan dilakukan lebih dari satu kali. Tentunya akan merepotkan trader dalam menyelesaikan bentuk eror ini. Solusinya adalah panggillah satu kali saja, maka eror tersebut akan ditampilkan hanya satu kali. Sebagai contoh pemrogramannya :

// check for long position (BUY) possibilit
if(MacdCurrent<0 && MacdCurrent>SignalCurrent && MacdPrevious<SignalPrevious &&
MathAbs(MacdCurrent)>(MACDOpenLevel*Point) && MaCurrent>MaPrevious)
{
ticket=OrderSend(Symbol(),OP_BUY,Lots,Ask,3,0,Ask+TakeProfit*Point,”macd
sample”,16384,0,Green);
if(ticket>0)
{
if(OrderSelect(ticket,SELECT_BY_TICKET,MODE_TRADES)) Print(“BUY order opened :
“,OrderOpenPrice());
}
else Print(“Error opening BUY order : “,GetLastError());
return(0);
}

Kesimpulan
Penggunaan alert bisa bermacam-macam, namun kali ini penampilan alert karena suatu kesalahan. Pesan ini bisa dijadikan acuan trader dalam mengenali gejala yang mungkin mengganggu dikemudian hari. Gunakan GetLastError sebagai langkah aman dalam mengembalikan kesalahan ke bentuk semula.
(Visited 57 times, 1 visits today)