Coolpad Fancy 3 – Lagi-Lagi untuk Penggemar Selfie

In Berita Terhangat dan Terkini by Kia Pratiwi

Coolpad memperkenalkan lini smartphone terbarunya, Coolpad Fancy 3. Smartphone ini lagi-lagi menyasar para penggemar selfie. Coolpad Fancy 3 menawarkan kamera depan dengan resolusi 8MP, dilengkapi dengan flash LED, dan pengoperasian kamera selfie yang mudah. Sebab, pengambilan gambar bisa dilakukan lewat fingr print di belakang ponsel.

Natalie Chen, Branding Director Coolpad Indonesia, berharap varian terbaru Coolpad ini bisa mengunggulkan Coolpad Fancy 3 dari kompetitor. Natalie juga menyebutkan bahwa mereka menyasar pasar anak muda usia18-28 tahun. Alasannya, mereka menyasar rentang usia ini adalah generasi yang aktif dan gemar mencoba hal baru. “Rasa penasaran yang tinggi untuk mencoba hal baru biasanya ada pada anak muda,” lanjut Natalie. Selain itu menurutnya, di segmen harga Rp2,5 juta belum ada pesaing yang menawarkan smartphone dengan kamera selfie dengan flash dan finger print sekaligus.

Tiga masalah bagi para pecinta selfie
Dalam konferensi persnya, Coolpad juga memperkenalkan Brand Ambassador mereka, Maudy Ayunda. Menurut Maudy, yang mengaku senang selfie ini, ada tiga masalah utama saat melakukan selfie atau wefie (selfie ramai-ramai). Pertama, lensa kamera depan yang kurang luas. “Sehingga biasanya kita harus cari siapa yang tangannya paling panjang biar semuanya muat,” tuturnya.

Kedua, sulit mendapat hasil selfie yang maksimal saat pencahayaan kurang. Terakhir, penempatan tombol kamera yang kurang bersahabat dengan pengambilan gambar selfie. “Karena tombolnya di depan, jadi kadang gambarnya suka blur karena kamera goyang saat kita mau pencet tombol kamera,” tambah Maudy lagi.

Ketiga masalah ini menurut Maudy bisa dijawab oleh Coolpad Fancy 3. Rasanya tidak berlebihan karena smartphone ini memiliki kamera depan dengan bukaan lensa lebar, flash untuk bantuan pencahayaan, dan capture dengan finger print di belakang ponsel untuk selfie yang ergonomis sebab mudah dijangkau.

Kamera depan Coolpad Fancy 3 punya bukaan f/2.2. Natalie menjelaskan bahwa kamera ini bisa menangkap gambar dengan sudut pandang luas, 80,1 derajat. Kameranya sendiri memiliki resolusi 8MP. Untuk membantu pencahayaan dikondisi kurang cahaya, LED flash di bagian depan ponsel dapat membantu. Untuk menghindari gambar yang kabur saat mengambil selfie atau wefie, kecepatan capture yang cepat serta kemampuan pengambilan gambar dengan bantuan finger print di bagian belakang ponsel sangat membantu. Selain berguna untuk mengambil swafoto, pembaca sidik jari Coolpad Fancy 3 juga berguna untuk membuka kunci layar, one-key dial untuk langsung menelepon nomor tertentu, dan bisa juga diatur untuk langsung membuka aplikasi tertentu.

Untuk kamera belakang, Coolpad Fancy 3 memiliki resolusi 13 MP plus lampu flash LED. Lensa kamera memiliki spesifikasi 5P dengan bukaan lensa f/2.2. Lensa 5P ini maksudnya adalah jumlah lapisan plastik pada lensa kamera. Semakin banyak lapisan, membuat kualitas lensa makin baik. Pengaruhnya paling terasa pada fokus kamera yang lebih presisi dan perbaikan distorsi lensa. Efeknya, gambar yang dihasilkan bisa lebih tajam dan presisi.

Pada aplikasi kamera, Fancy 3 juga memiliki efek perbaikan foto dengan aplikasi untuk menghaluskan dan memutihkan kulit, melangsingkan muka, dan memperbesar mata. Ada pula fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat gambar bergerak dalam format GIF dan menyebarkannya di media sosial.

Mengintip dapur pacu
Smartphone ini menggunakan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow. Kapasitas penyimpanannya 2 GB RAM dan 16 GB ROM (penyimpanan internal). Prosesornya menggunakan quad-core 1.0GHz MT6735 dan chipset ARM Mali 450. Tampilan interface mereka menggunakan CoolUI 8.0. Untuk layar, Coolpad Fancy 3 menggunakan layar IPS 5 inci dengan penutup kaca 2,5D. Layar IPS jelas membuat sudut pandang layar ponsel lebih luas. Sementara istilah layar 2,5D ini berguna untuk membuat model layar yang melengkung di bagian samping ponsel. Dikenal juga sebagai pinggiran berkontur (countoured edge).

Pada smartphone, layar 2,5D diletakkan menonjol dari bezel yang melingkari bodi, alih-alih dibenamkan di sekeliling bezel seperti layar datar 2D pada umumnya. Dengan demikian, layar 2,5D ini memberikan kesan efek 3D pada layar smartphone dan membuatnya tampil lebih menarik secara estetik. Coolpad Fancy 3 hadir dengan kapasitas baterai 2.500 mAh. Untuk cover, Coolpad mengklaim ponsel ini menggunakan lapisan berbahan metal untuk memberikan kesan premium, dan tersedia dalam dua warna, abu-abu dan emas.

Persiapan menghadapi TKDN

Menurut Natalie, Coolpad telah menjajaki persiapan TKDN sejak tahun lalu. Saat ini Coolpad telah bekerja sama dengan PT Panggung Elektronik di Surabaya untuk produksi empat tipe ponsel Coolpad yang beredar di Indonesia, termasuk Fancy 3. Kapasitas produksi pabrik ini disebutkan Jeeves Jiang, CEO Coolpad Indonesia, bisa memproduksi hingga 100.000 buah tiap bulan. Saat ini Coolpad telah memenuhi kandungan TKDN sebesar 30% seperti diakui Natali.

Meski demikian, Natali mengakui bahwa produk yang beredar di pasar tahun ini masih merupakan produk yang diimpor dari Cina. Tahun depan, ia memastikan bahwa produk yang beredar di pasar sudah hasil rakitan dari pabrik di Surabaya tersebut.

 

SPESIFIKASI COOLPAD FANCY 3
Jaringan 4G, dual SIM (nano),
Ukuran dan berat perangkat 145.3 x 72.3 x 8.7 mm; berat 148 g
Chipset Mediatek MT6735; Quad-core 1 GHz; Mali-450
Memori ROM 16 GB, 2 GB RAM; microSD, up to 64 GB mendukung OTG
Layar 5 inci HD 720 x 1280 pixel (kerapatan pixel ~294 ppi); 2,5D curved glass
Sistem Operasi Android OS, 6.0 (Marshmallow); CoolUI 8.0
Kamera Kamera utama; 13 MP, AF5P f/2.2 Kamera depan; 8 MP, LED flash, 80,1 FOV
Baterai 2500 mAh; non-removable
Sensor Finger print, accelerometer, proximity, light sensor
Harga Rp2.499.000
Warna Grey, Gold
(Visited 40 times, 1 visits today)