Daftar Asuransi Cuma Butuh “Selfie” di Masa Depan

In Berita Terhangat dan Terkini by Reza Pahlevi

SelfieAsuransi jiwa kerap meribetkan klien untuk mendaftarkan diri. Berbagai syarat dokumen harus disertakan, misalnya surat kendaraan, rekam jejak kesehatan, dan laporan-laporan lain. Pasalnya, asuransi jiwa perlu menakar risiko kesehatan pendaftar agar sesuai dengan kebijakan perusahaan. Namun, di masa depan, ada cara praktis untuk menakar risiko itu tanpa harus merepotkan klien.

Menurut pendiri Lapetus Solutions Inc, Karl Ricanek, asuransi masa depan bisa mengandalkan foto selfie saja sebagai syarat pendaftaran bagi klien, sebagaimana dilaporkan TheNextWeb. “Wajah Anda adalah yang Anda bawa dan pakai sepanjang hidup. Banyak informasi unik yang bisa diberikan wajah Anda,” kata dia.

Ricanek sedang mengembangkan produk yang dinamai “Chronus”, di mana masyarakat bisa membeli asuransi secara online hanya dalam waktu 10 menit tanpa ada uji medis. Chronus menghimpun ratusan data dari wajah untuk dianalisis. Data-data itu antara lain berasal dari kontur, kerutan, dan noda hitam pada wajah. Beberapa informasi yang bisa diekstraksi dari data-data tersebut adalah indeks masa tubuh, usia biologis dan psikolofis, dan risiko kesehatan. Intinya, perusahaan asuransi bisa mengetahui apakah calon kliennya memiliki kekuatan fisik yang normal untuk usianya, atau memiliki risiko-risiko kesehatan lainnya, hanya dengan data yang dihimpun dari bidikan selfie. Ricanek sesumbar solusi Chronus dari Lapetus Solutions tengah diuji coba oleh beberapa perusahaan. Namun, ia masih enggan mengumbar nama-nama perusahaan tersebut. Terlepas dari itu, Ricanek mengakui Chronus masih memiliki keterbatasan. Alat itu bisa menembus data-data pada wajah orang yang dilapisi make-up, namun akan rancu bila orang itu pernah melakukan operasi plastik atau rekayasa wajah lainnya.

Catatan :
Ke depan, alat itu masih akan terus dikembangkan agar kemampuannya meningkat. Belum jelas kapan alat itu bisa dikomersilkan agar transaksi jual-beli asuransi lebih cepat dan mudah.
(Visited 15 times, 1 visits today)