Di Kota Ini, Menyeberang Jalan Sambil Main Ponsel Bakal Kena Denda

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

Sudah bukan rahasia lagi bahwa orang yang sering mengutak-atik gadget saat berjalan rawan celaka, mulai dari jatuh ke selokan hingga yang lebih parah, seperti tertabrak mobil di persimpangan. Pejalan kaki Honolulu, Hawaii tampaknya perlu mulai meletakkan ponsel mereka saat sedang menyebrang jalan akhir tahun ini. Pasalnya, kota tersebut bakal menerapkan denda bagi orang yang melakukan itu. Awal pekan ini, kota tersebut melewati Bill 6, sebuah peraturan yang memberlakukan denda terhadap siapa pun yang melintasi jalan raya sambil melihat perangkat elektronik mobile.

Wali Kota Honolulu Kirk Caldwell mengadakan konferensi pers

Pada Kamis 27 Juli 2017, Wali Kota Honolulu Kirk Caldwell mengadakan konferensi pers di salah satu persimpangan tersibuk di kota itu yaitu ketika ia mengatakan bahwa tindakan tersebut merupakan pengingat bagi orang-orang untuk menggunakan akal sehat saat mereka berjalan mengelilingi kota yang indah.

Kota ini menjadi yang terbesar di Amerika Serikat (AS) yang mengadopsi penilaian seperti itu, yang melarang pejalan kaki menyebrang jalan sambil melihat ponsel, perangkat teks, pager, PDA, komputer laptop, video game, atau kamera.

Draf peraturan itu juga memberikan pembebesan untuk responden pertama dalam pekerjaan tersebut dan siapa pun yang melakukan panggilan darurat ke 911. Di samping itu, Hawaii juga telah melarang penggunaan perangkat elektronik genggam saat mengemudi.

Jumlah denda yang dikenakan

Jumlah denda yang dikenakan tergantung pada apakah seseorang telah melakukan kesalahan ini berkali-kali. Namun, ada pengecualian untuk peraturan ini, yaitu ketika seseorang memanggil 911, layanan gawat darurat.

Honolulu memiliki alasan lebih kuat daripada kebanyakan pemerintah kota di AS untuk meresmikan peraturan ini. Mayor Kirk Caldwell berkata, di kota yang diaturnya, jumlah kecelakaan di penyebrangan lebih banyak dari hampir semua kota lain di AS. Dengan membuat peraturan ini, diharapkan jumlah kecelakaan yang terjadi karena penggunaan smartphone akan berkurang.

Reuters menyebutkan, di Honolulu, pada 2000-2011, terdapat 11 ribu kecelakaan di penyebarangan karena penggunaan ponsel. Sebagian besar kejadian itu terjadi sebelum smartphone menjadi tren dan banyak digunakan oleh masyarakat.

(Visited 39 times, 1 visits today)