Dolar AS Pangkas Sedikit Penguatan Jelang NFP AS Malam Nanti

In Berita Fundamental Ekonomi by Reza Pahlevi

dolarDolar AS melengkung turun di sesi perdagangan Jumat (02/Desember) pagi ini terhadap mata uang-mata uang mayor menjelang laporan NFP AS malam nanti. Indeks Dolar sedikit berubah menuju level 100.93, setelah merosot 0.6 persen kemarin malam. Dalam jalur penurunan 0.5 persen minggu ini, indeks Dolar sudah tertarik mundur dari level tinggi 13.5 tahun di 102.05 yang terbentuk pada tanggal 24 November.

Dolar AS bergeser ke bawah karena mata uang-mata uang lainnya terpengaruh oleh katalis mereka sendiri. Di samping itu, pasar finansial juga sedang ambil napas dari reli panjang semenjak kemenangan Donald Trump. EUR/USD naik 0.7 persen kemarin malam setelah Reuters melaporkan bahwa Bank Sentral Eropa (ECB) akan memperpanjang program pembelian obligasinya melampaui bulan Maret. Bersamaan dengan itu, ECB diperkirakan bakal memanfaatkan rapat pekan depan untuk memberikan sinyal kapan program pembelian aset akan diakhiri.

Saat berita ini ditulis, EUR/USD diperdagangkan di angka 1.0673, dengan kenaikan mingguan total sebanyak 0.8 persen. Fokus untuk menentukan gerak mata uang Common Currency itu kini terletak pada referendum konstitusional Italia yang akan digelar 4 Desember esok. Sementara itu, Sterling terapresiasi berkat pernyataan Davis Davis yang dianggap mengindikasikan melunaknya sikap pemerintah Inggris tentang Brexit. Pounds sterling naik ke angka 1.2596, setelah naik 0.7 persen sehari sebelumnya hingga menyentuh level tinggi 2 bulan di angka 1.2696. GBP/USD diperdagangkan pada angka 1.2609 saat berita ini ditulis, menurun sekitar 1 persen dari level sebelumnya.

Informasi
Dolar AS sedikit lebih kuat terhadap Yen. Mata uang AS tersebut diperdagangkan flat di angka 113.990 yen setelah naik ke level tinggi 10 bulan sehari sebelumnya. USD/JPY sedang dalam perjalanan untuk mengumpulkan kenaikan mingguan sebanyak 0.6 persen.
Perkiraan NFP AS November
“Dolar AS mempunyai ruang untuk menguat terhadap Yen, setelah menderita loss yang lebih besar terhadap mata uang-mata uang mayor lainnya,” kata Daisuke Karakama, ekonom pasar di Mizuho Bank yang diwawancarai oleh Reuters, “Dolar dapat menuju angka 115 yen tergantung bagaimana hasil laporan data ketenagakerjaan AS malam nanti”. Ekonom Reuters memperkirakan, angka NFP AS akan bertambah 175,000 pada bulan November, lebih tinggi dibandingkan dengan angka 161,000 pada bulan Oktober.
(Visited 57 times, 1 visits today)