ECB: Beberapa Poin Penting Dari Presiden Draghi – Westpac

In Berita Fundamental Forex by Della Fitriani

Menurut Elliot Clarke, Analis Riset di Westpac, Presiden ECB Draghi menyediakan pasar keuangan dengan sejumlah poin penting untuk direnungkan minggu ini. "Menanggapi terus menguatnya ekonomi Kawasan Euro, referensi untuk berpotensi meningkatkan skala program pembelian telah dihapus dari pernyataan tersebut - langkah pertama (kecil) menuju kebijakan diperketat. Namun, dia dan Dewan Pengurus juga sangat jelas menyoroti bahwa kondisinya belum kondusif terhadap kebijakan yang diperketat. Untuk itu terjadi, "penyesuaian berkelanjutan di jalur inflasi yang sesuai dengan sasaran inflasinya" adalah perlu. Kami berharap program pembelian aset akan diperpanjang pada bulan September sampai Desember pada tingkat yang lebih rendah; dan setelah itu, pendekatan bertahap untuk menaikkan suku bunga akan terlihat, mulai dengan memindahkan suku bunga deposito kembali ke nol sampai paruh pertama tahun 2019.

"Sementara pasar fokus pada komentar terkait ekspektasi tingkat suku bunga Euro, apa yang dikatakan Draghi tentang kebijakan fiskal di Eropa dan sekitarnya sama pentingnya. Bagi politisi kawasan Eropa, ada dua bagian panggilan: untuk meningkatkan reformasi struktural untuk menghilangkan hambatan pertumbuhan; dan, berbeda dengan AS, untuk memanfaatkan momentum tren saat ini di atas untuk membangun penyangga fiskal untuk penggunaan masa depan. Presiden Draghi juga sangat berterus terang terhadap tarif Presiden Trump, yang menyoroti kekhawatiran bahwa tindakan orang lain dapat menghentikan kemajuan Eropa.

Presiden Draghi berpendapat bahwa "Jika Anda menetapkan tarif terhadap sekutu Anda, orang bertanya-tanya siapa musuhnya" dalam Q & A menyoroti penolakan ECB dan Eropa terhadap kebijakan baru Trump. Kesediaan Presiden Trump untuk mengizinkan pembebasan "teman sejati" tidak mungkin menguntungkan Eropa atau Asia; maka ancaman eskalasi ketegangan perdagangan itu nyata. "

(Visited 24 times, 1 visits today)