Ekspektasi Ekonomi Membaik, Sentimen Konsumen AS Agustus Melonjak

In Berita Fundamental Ekonomi by Reza Pahlevi

Sentimen Konsumen AS pada bulan Agustus melonjak ke level tertinggi dalam 7 bulan, berdasarkan laporan yang dipublikasikan oleh University of Michigan pada hari Jumat (18/8) kemarin awal sesi New York.

Indeks Consumer Sentiment AS bulan Agustus naik menjadi 97.6 (forecast 94.0) atau lebih tinggi dibandingkan bulan Juli yang berada pada level 93.4. Selain itu, barometer ekspektasi konsumen juga meningkat pesat dari 80.5 menjadi 89, mencatatkan kenaikan terbaik sejak akhir tahun 2011.

Pengukur terhadap kondisi saat ini (Current Conditions Gauge), yang mengukur persepsi warga AS terhadap keuangan mereka, turun menjadi 111 dari 113.4. Namun, secara keseluruhan dari ketiga macam jenis survey yang dilakukan University of Michigan memperlihatkan sebagian besar konsumen mengaku finansial mereka terus membaik hingga tahun depan.

Ekspektasi konsumen terhadap kondisi finansial mereka yang semakin baik berpotensi akan terus mendorong trend belanja konsumen, dimana hal tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi AS pada bulan-bulan mendatang. Apiknya sentimen konsumen bulan Agustus yang dirilis malam ini tidak terlepas dari faktor kokohnya pasar tenaga kerja Negeri Paman Sam.

Note :
Pada pukul 21:28 WIB, Greenback bergerak variatif terhadap major currency. Pasangan mata uang EUR/USD berada di level 1.1750, GBP/USD berada di level 1.2860, dan USD/JPY berada di level 108.72. Dollar AS menyentuh low 1 pekan versus Yen, lantaran Investor mencari aset Safe Heaven di tengah tidak jelasnya kemampuan Gedung Putih dalam mendorong agenda ekonomi AS.
(Visited 25 times, 1 visits today)