EUR/USD: Penutupan Harian Tertinggi Sejak 20 Oktober, Pantau IMP Awal

In Berita Fundamental Ekonomi by Reza Pahlevi

EUR/USD ditutup kemarin di 1,1822; penutupan tertinggi hari ini sejak 19 Oktober. Kelemahan USD yang berbasis luas membantu kenaikan nilai tukar mata uang umum meskipun ada spekulasi bahwa Bank Sentral Eropa (ECB) kemungkinan akan mengalami hibernasi peraturan selama ekonomi berkembang seperti yang diharapkan.

Kathy Lien dari BK Asset Management percaya bahwa IMP Jerman kemungkinan akan sedikit lebih tinggi. Namun, dengan pesanan produksi industri dan pabrik jatuh selama bulan lalu, risikonya adalah downside dari laporan Jerman dan Eurozone. Sebuah kehilangan besar pada harapan akan memvalidasi sikap hati-hati ECB dan bisa menghasilkan pullback ke 1,1763 (MA 50 hari). penurunan lebih lanjut tidak mungkin karena pasar percaya bahwa kepercayaan Fed terhadap inflasi berarti kenaikan suku bunga Fed yang lebih lambat. Di sisi lain, jumlah IMP yang lebih baik dari perkiraan akan membuka kesempatan untuk menembus di atas 1,1880 (tinggi 12 Oktober).

Pasangan ini diperdagangkan mendekati level tertinggi mingguan baru tepat di bawah area 1,1820/30 menjelang pembukaan Asia, mendapatkan traksi ke atas dan bersiap untuk memperpanjang kenaikan sesuai dengan pembacaan teknis intraday, karena pasangan tersebut berhasil menembus level tertinggi Fibonacci level 1,1790, sementara pada grafik 4 jam, berkembang dengan baik di atas SMA 20. Indikator teknis dalam kerangka waktu terakhir memasuki wilayah bullish, namun Momentum tidak memiliki kekuatan ke atas, sementara RSI menuju ke utara sekitar 65, mendukung kenaikan lebih lanjut menuju tinggi 1,1860 minggu lalu, dan seterusnya, seandainya ECB menawarkan nada hawkish.

(Visited 6 times, 1 visits today)