Gandeng Tokoh dan Organisasi Populer, Kitabisa Sukses Salurkan Donasi Rp61 Miliar

In Berita Terhangat dan Terkini by Kia Pratiwi

Di awal tahun 2017, situs crowdfunding KitaBisa kembali mengumumkan jumlah donasi yang mereka kumpulkan sejak berdiri pada tahun 2013 silam. Berhasil menembus angka Rp7,2 miliar Pada tahuan 2015, mereka mengklaim telah berhasl mengumpulakn donasi sebesar Rp 61 miliar hingga akhir 2016, atau bertambah sekitar Rp53,8 miliar dibanding tahun sebelumnya.

Kenaikan Angka Donasi “KitaBisa”
Jumlah kampanye yang terdanai pun turut mengalami kenaikan drastis. Hanya sukses menyalurkan donasi ke sekitar 600 kampanye di tahun 2015, pada tahun 2016 yang lalu Kitabisa berhasil menambahkan 2.500 kampanye lagi. Penggalangan dana untuk pelunasan bangunan masjid di Chiba, yang bernilai Rp3,2 miliar, menjadi kampanye terbesar yang didanai lewat Kitabisa pada tahun lalu.  Menurut Kitabisa, prestasi ini berhasil mereka raih berkat kolaborasi bersama berbagai pihak, mulai dari tokoh-tokoh penting, media, hingga berbagai organisasi. Sebagai contoh adalah Walikota Bandung Ridwan Kamil yang memopulerkan penggalangan dana untuk musibah banjir di Bandung dan Sumedang, serta kampanye donasi untuk gempa Aceh yang diusung Ikatan Alumni Universitas Indonesia. Hal ini pun didukung oleh gencarnya publikasi kampanye-kampanye potensial yang mereka lakukan di media sosial.
Campaign Terpopuler di KitaBisa
Bencana alam tetap menjadi kategori kampanye yang paling populer, diikuti oleh bantuan medis, serta kampanye lain yang terkait dengan pembangunan rumah ibadah dan isu-isu nasional lainnya. Khusus untuk donasi bencana alam, Kitabisa tidak menarik komisi sebesar lima persen yang biasanya mereka ambil dari kampanye-kampanye lainnya. Kitabisa juga melihat perkembangan yang cukup pesat dalam pembuatan kampanye-kampanye kreatif. Contohnya adalah ratusan pelari Nusantarun yang berlari sejauh ratusan kilometer demi menggalang dana untuk pembangunan sekolah di Purwokerto, serta kampanye penggalangan dana di hari ulang tahun yang biasa disebut dengan istilah Birthday Fundraising.

Di tahun 2017 ini, Kitabisa berniat untuk menggandeng lebih banyak komunitas untuk membuat kampanye. Selain Kitabisa, ada juga beberapa startup crowdfunding lain yang juga telah beroperasi di tanah air seperti Wujudkan dan GandengTangan.

(Visited 73 times, 1 visits today)