Google Umumkan Sederet Fitur Baru untuk Penuhi Kebutuhan Pengguna Saat Ramadan

In Berita Terhangat dan Terkini by Kia Pratiwi

Pada tanggal 29 Mei 2017, Google resmi memperkenalkan  beberapa fitur terbarunya dari layanan Search, Maps, Play, dan Youtube. Layanan ini diluncurkan setelah pihak Google melihat adanya perubahan kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadan hingga Lebaran. Menurut Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami, pihaknya tidak menargetkan hal tertentu dalam peluncuran beberapa fitur terbarunya. Google, kata Veronica, hanya ingin mempermudah masyarakat menjalankan ibadah, merayakan Lebaran, hingga melakukan perjalanan mudik.

“Ada perubahan kebutuhan saat bulan Ramadan untuk orang Indonesia. Dan kita mau memastikan Google bisa menjadi teman saat Ramadan, serta membantu kebutuhan tersebut,” ujar Veronica saat ditemui di kawasan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

Lantas, apa saja fitur terbaru yang disediakan Google? Berikut penjelasan selengkapnya.

Berikut Perubahan yang dilakukan Oleh Google


  • Cari meja

    Fitur ini dapat ditemui dalam layanan Google Maps yang berfungsi untuk mencari restoran terdekat. Pemesanan meja juga bisa langsung dilakukan dari Google Maps sehingga mempermudah mereka yang mencari tempat berbuka puasa. “Fitur cari meja di Google Maps telah bekerja sama dengan Qraved dan Chope,” ujar Consumer Marketing Manager Google, Mira Sumanti.

  • Berbagi lokasi

    Google Maps juga telah dibenamkan fitur berbagi lokasi sehingga pengguna bisa memberitahu di mana lokasi mereka pada keluarga, kerabat, atau rekannya. “Kalau penerima location sharing tidak punya akun Gmail, nanti akan dikirim pakai SMS,” kata Mira.

  • Fitur transit Commuterline

    Dalam aplikasi Google Maps, kini sudah ditambahkan fitur transit untuk kereta Commuterline Jabodetabek. “Melalui fitur ini, pengguna bisa memantau kapan kereta tiba secara real time beserta lama perjalanan dan biaya perjalanan,” jelas Mira.

  • Youtube Ramadan Shelf

    Fitur ini bisa ditemukan pengguna pada pilihan video trending melalui aplikasi YouTube untuk smartphone. Menurut Head of Products Communication Google Indonesia, Putri Silalahi, fitur ini diluncurkan demi mempercepat proses menemukan konten-konten yang berhubungan dengan Ramadan.“Kami sudah melihat bagaimana YouTube menemani pengguna selama Ramadan, terutama saat ngabuburit. Misalnya, mau masak opor ayam, masukkan ayam dulu apa serai dulu, itu lihat Youtube. Inspirasi model hijab terbaru, cek di YouTube. Kue kering juga sudah jadi tren sekarang. Saran saya, buatlah tutorial kue kering,” jelas Putri.

  • Berbagi album

    Google Photos menambahkan fitur berbagi album yang memungkinkan pengguna membagikan banyak foto sekaligus ke kontak orang-orang yang terdapat di akun Gmail miliknya. Fitur ini juga memakai teknologi machine learning Google, sehingga akan muncul saran ke kontak mana foto itu dibagikan.“Misal, saya sering foto sama suami, namanya Dimas. Setiap saya foto sama Dimas, muncul suggest send to Dimas. Jadi, apa yang saya simpan di Google Photos langsung tersimpan juga di akun Google Photos Dimas. Bagi yang tidak punya akun Google, nanti menerima dalam bentuk SMS yang berisi tautan menuju foto tersebut,” jelas Putri.

  • Ikut tawarkan promo

    Pihak Google juga ikut menawarkan beragam promo aplikasi dan game. Menurut Product Marketing Manager Google Play Google Indonesia, Sasha Sunu, promo bernama #SalipLevel ini sudah berjalan di beberapa aplikasi maupun game yang ada di Play Store.

(Visited 19 times, 1 visits today)