Grab Siap Bangun Pusat R&D di Jakarta dengan Investasi 9.3 Triliun

In Berita Fundamental Forex by Della Fitriani

Grab

Grab baru saja mengumumkan master plan 2020 dengan tajuk ‘Grab 4 Indonesia’ yang didukung Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Indonesia. Melalui master plan ini, Grab akan menginvestasikan dana sebesar US$ 700 atau sekitar Rp 9,3 triliun selama empat tahun ke depan di Indonesia.

Investasi ini merupakan sarana Grab untuk mendukung target Indonesia menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020. Master plan ini nantinya akan berfokus pada tiga program utama.

Salah satu program utama dari rencana invetasi tersebut adalah pembangunan pusat riset dan pengembangan di Indonesia. Hal itu diungkapkan oleh Anthony Tan, CEO Group dan Co-Founder Grab di Jakarta, Kamis (2/1/2017).

Kami berencana membuka pusat riset dan pengembangan (R&D) di Jakarta. Kehadiran pusat ini akan memberi kesempatan insinyur muda di Indonesia untuk menimba ilmu dengan pusat riset Grab lain yang berada di Seattle, Beijing, dan SingapuraAnthony Tan

Difokuskan untuk mengembangkan inovasi yang Indonesia banget

R&D tersebut juga akan difokuskan untuk mengembangkan inovasi yang Indonesia banget, dalam arti, ditujukan khusus untuk Indonesia dengan membangun kesuksesan dari solusi-solusi Grab yang telah disesuaikan untuk pasar Tanah Air.

Mudah-mudahan R&D ini menjadi tren di Indonesia. Setelah Apple saat ini sedang membangun fasilitas R&D-nya di Indonesia, kini Grab juga akan melakukan hal yang serupaRudiantara

Meski demikian, Rudiantara berpesan jika Grab ingin membuka R&D kedua di Indonesia, sebaiknya jangan di Pulau Jawa. “Saya tadi sempat berpesan kepada bapak Anthony (CEO Grab), kalau mau bikin R&D yang kedua, di luar Jawa. Karena Indonesia ini bukan hanya Jawa. Kita harus membangun secara Indonesia sentris,” pungkasnya.

Sementara itu, Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan, jika pembangunan R&D ini akan terwujud paling cepat tahun 2017. “R&D center akan mulai dibangun sesegera mungkin. Dimulai tahun ini, kuartal pertama,” ujarnya di kesempatan yang sama.

(Visited 31 times, 1 visits today)