Harga Emas Datar, Nantikan Pidato Yellen Dan Draghi

In Berita Fundamental Emas by Reza Pahlevi

Harga emas tak menunjukkan perubahan berarti di sesi perdagangan Jumat (25/Agustus) siang ini. Para investor masih menunggu petunjuk langsung dari pernyataan para pejabat bank sentral di Wyoming nanti malam. Harga emas spot bergerak datar di angka $1,286 per ons pada pukul 10:43 WIB, setelah turun sekitar 0.3 persen dari sesi sebelumnya. Sementara itu, harga emas futures untuk pengiriman bulan Desember tercatat flat pada kisaran $1,291.40 per troy ons.

“Pasar emas pada dasarnya sedang berada dalam mode holding pattern. Mereka akan mengamati dengan teliti komentar dari pejabat The Fed dan ECB, begitupula tentang outlook inflasi yang mungkin akan diutarakan oleh bank sentral tersebut. Selain itu, langkah kebijakan moneter selanjutnya bank-bank tersebut, juga tak akan luput dari perhatian,” kata John Sharma, ekonom NAB yang dikutip oleh Reuters.

Meski sebenarnya pasar tak terlalu berharap akan adanya kebijakan baru dari Yellen dan Draghi, namun mereka tetap mengharapkan setitik pentunjuk mengenai kebijakan moneter dan suku bunga. Bullion adalah logam mulia yang sangat sensitif terhadap perkembangan suku bunga AS.

Sementara itu, Dolar AS masih cukup unggul terhadap Yen di sesi perdagangan pagi tadi, menjelang rapat di Jackson Hole. Para pelaku pasar mengatakan, masih tingginya ketidakpastian geopolitik dapat menahan emas dari kemunduran yang signifikan. “Ketidakpastian politik masih tinggi dan terus berlanjut untuk menyediakan level support yang tinggi untuk harga (emas). …” kata Daniel Hynes dari ANZ. Ketidakpastian yang dimaksud oleh analis tersebut adalah soal Presiden AS, Donald Trump, masalah ancaman Governement Shutdown dan deadline Debt Ceiling. Emas merupakan aset yang digunakan sebagai safe haven di tengah ketidakpastian politik dan finansial.

Harga Emas ANTAM Hari Ini
Terlepas dari itu, untuk perdagangan Emas ANTAM di dalam negeri, harga emas ANTAM hari ini tercatat di Rp603,000 per gram, dengan Buy Back Price di harga Rp539,000 per gram.
(Visited 30 times, 1 visits today)