Harga Emas Menjulang, Misil Korea Utara Lintasi Jepang

In Berita Fundamental Emas by Reza Pahlevi

Harga emas melesat menuju level tinggi sembilan setengah bulan di hari Selasa (29/Agustus) pagi tadi, menanggapi tensi geopolitik yang disebabkan oleh peluncuran misil Korea Utara (Korut). Rilisnya misil Korut kali ini melintasi wilayah Jepang, sehingga menimbulkan keresahan bagi rakyat Jepang. PM Shinzo Abe bahkan mengatakan jika dirinya setuju dengan Presiden AS, Donald Trump, untuk meningkatkan tekanan pada negara Kim Jong Un itu.

Gejolak geopolitik tersebut memicu permintaan terhadap aset-aset safe haven seperti emas dan Yen Jepang. Dolar AS dan ekuitas pun melemah karenanya. Harga emas spot meningkat 0.5 persen ke harga $1,316.66 per ons pada pukul 07:48 WIB pagi tadi. Sebelumnya, harga emas spot sudah mencapai angka $1,322.33. Logam mulia tersebut sudah mendapat perolehan ke angka 1.4 persen di sesi sebelumnya. Sementara itu, harga emas futures di NYMEX untuk pengiriman bulan Desember meningkat 0.5 persen ke harga $1,322.20.

Emas sudah mencetak lonjakan hingga 15 persen sepanjang tahun ini. Kenaikan rutin mulai terjadi sejak bulan Juni, karena para investor khawatir dengan meningkatnya konflik politik di Asia. Korea Selatan dan Jepang mengonfirmasi bahwa misil Korut yang diluncurkan dini hari tadi, telah mendarat di timur perairan Hokkaido. Misil tersebut juga sempat melayang di atas kepulauan Jepang bagian utara. Hal ini tentu membuat negara yang dilintasi misil menjadi gusar meskipun tujuan Korut sebenarnya adalah teritori AS di Guam.

“Dengan asumsi bahwa konflik tak akan meningkat dari sini, semoga memang tidak, maka kita tak perlu terkejut jika melihat emas memberikan sedikit kenaikan pada Dolar AS dalam beberapa jam atau beberapa hari (setelah ini),” kata Jordan Eliseo, ekonom Australian Bullion Co. kepada Bloomberg. Namun, Eliseo menambahkan bahwa para investor akan terus mengawasi apakah emas dapat dipertahankan di atas $1,300.

Harga Emas ANTAM
Tak hanya emas internasional, Emas ANTAM pun mendulang kenaikan dimana harga buyback hari ini naik Rp12,000 menjadi Rp553,000 per gram. Untuk harga emas ANTAM batangan, hari ini berada pada kisaran Rp614,000 per gram menurut situs Logam Mulia.
(Visited 26 times, 1 visits today)