Harga Emas Meredup Jelang Pengumuman Suku Bunga AS

In Berita Fundamental Emas by Reza Pahlevi

emasHarga emas pada hari Rabu (14/12) di sesi Asia terpantau mengalami penurunan seiring dengan para pelaku pasar yang menantikan hasil keputusan rapat kebijakan bank sentral AS dini hari nanti. Saat berita ini diturunkan, pair XAU/USD berada di kisaran level harga 1,160 Dolar AS dan harga emas batangan milik PT Aneka Tambang (Antam) stabil diperdagangkan di level harga Rp 584,000.

Sementara itu, pada Comex New York Mercantile Exchange, harga emas berjangka untuk pengiriman bulan Februari melandai menjadi 1,162 Dolar AS per troy ons. Sedangkan harga perak futures untuk pengiriman bulan Maret di level 17.01 Dolar AS per troy ons, naik tipis sebesar 0.19 persen, dan harga tembaga futures untuk pengiriman bulan Maret diperdagangkan turun ke kisaran level harga 2.590 Dolar AS per pound.

Note
Pada sesi perdagangan hari Selasa kemarin, harga emas terus menunjukkan pelemahan yang signifikan, mengingat probabilitas kenaikan suku bunga oleh the Fed sangat tinggi. Harga emas juga terus ditekan oleh tingginya imbal hasil obligasi AS karena minat investor terhadap aset berisiko naik.

The Fed diprediksi akan menaikkan tingkat suku bunga AS untuk pertama kalinya dalam tahun 2016 pada rapat FOMC pekan ini dan hasil rapat bank sentral ini akan diumumkan pada hari Kamis dini hari. Ekspektasi tinggi pasar terhadap pengetatan kebijakan moneter oleh the Fed dipicu oleh apiknya serangkaian rilis data ekonomi AS yang mengindikasikan adanya perbaikan serta pertumbuhan kondisi perekonomian disana. Angka pengangguran AS terpantau menurun cukup signifikan dan tingkat inflasi juga sudah hampir mendekati target.

Pernyataan the Fed dinilai penting untuk mengetahui indikasi dan sinyal lebih lanjut terkait outlook Rate Hike pada tahun 2017 mendatang. Di samping itu, investor juga menunggu komentar bank sentral AS sehubungan dengan prediksi pertumbuhan ekonomi AS dan bagaimana the Fed menyikapi dampak kebijakan ekonomi Donald Trump terhadap tingkat inflasi.

Informasi
Perlu diketahui bahwa apabila kenaikan tingkat suku bunga AS terjadi, harga emas akan tertekan serta cenderung bearish. Keputusan the Fed tersebut juga akan membebani harga emas karena logam mulia ini harus bersaing ketat dengan aset investasi berimbal hasil bunga.
(Visited 35 times, 1 visits today)