Harga Emas Tergelincir Jelang Simposium Jackson Hole

In Berita Fundamental Emas by Reza Pahlevi

Harga emas tergelincir di sesi Asia, Selasa (22/Agustus), siang ini, setelah Presiden AS Donald Trump mengumumkan penyusunan strategi untuk mempertahankan pasukan militer AS di Afghanistan setelah 16 tahun. Meskipun Trump menjanjikan pendekatan yang lebih pragmatis untuk mendukung pemerintahan di Kabul, serta akan bekerja sama dengan Pakistan, harga emas menanggapinya dengan datar saja.

Harga emas futures untuk pengiriman bulan Desember di Comex division New York Mercantile tergelincir 0.17 persen ke harga $1,294.51 per ons. Sedangkan, harga emas spot tergelincir 0.1 persen ke angka $1,289.77 per ons pada pukul 07:54 WIB pagi tadi.

Gejolak politik antara AS-Korut akhir pekan lalu rupanya lebih menarik perhatian pasar. Logam mulia emas sempat diperdagangkan di dekat level tinggi satu sesi pada hari Senin kemarin karena berlanjutnya pelemahan Dolar AS. Di samping itu, meski telah mereda sejak minggu lalu, kekhawatiran pasar akan gejolak geopolitik Korea Utara dan AS kembali terpantik mengetahui bahwa kedua negara tersebut telah memulai pelatihan militer. Akibatnya, emas sebagai safe-haven pun kembali diburu, karena sebagian pelaku pasar memperkirakan bahwa pelatihan militer tersebut merupakan persiapan untuk saling serang dan berisiko memicu gejolak geopolitik lagi.

Kendati begitu, kenaikan emas tak lama, karena hari ini kembali tergelincir jelang digelarnya Simposium Jackson Hole di Wyoming, AS. Dolar AS stabil menjelang event ekonomi penting tersebut, menantikan pidato Ketua The Fed, Janet Yellen, yang diharapkan akan memberikan tambahan petunjuk tentang lanjutan kenaikan suku bunga AS tahun ini.

(Visited 23 times, 1 visits today)