Harga Emas Tertekan Di Level Rendah Setelah NFP AS

In Berita Fundamental Emas by Reza Pahlevi

Harga emas masih bertahan di level rendah pada hari Senin (07/Agustus) menjelang siang ini, setelah jeblok cukup dalam di akhir pekan, pasca laporan NFP AS. Dolar AS menguat setelah angka NFP AS bulan Juli dilaporkan bertambah sebanyak 209,000 pekerjaan baru, melebihi ekspektasi 182,000. Di samping itu, data NFP periode Juni lalu direvisi naik dari 222,000 menjadi 231,000 yang bisa menjadi tanda solidnya pasar tenaga kerja AS memasuki kuartal ketiga 2017..

Akibatnya, harga emas untuk pengiriman pada bulan Agustus merosot 0.16 persen ke harga $1,262.52 di Comex division, New York Mercantile Exchange. Saat berita ini ditulis, XAU/USD diperdagangkan pada harga $1,258.38.
Data pengangguran AS pun juga merosot dari 4.4 persen menjadi 4.3 persen. Hal ini menambah sentimen negatif bagi harga emas. Menurut analis dari ATPF yang dikutip dari Bisnis.com hari ini, emas memang akan tertekan oleh membaiknya data ketenagakerjaan AS, setidaknya dalam minggu ini.

Selain itu, data penting dari AS yang akan mempengaruhi Dolar minggu ini adalah data CPI serta pernyataan dari para pejabat The Fed. Apabila data CPI AS nantinya juga sama gemilangnya dengan NFP, maka bisa jadi emas akan tertekan lagi, karena peluang kenaikan suku bunga AS ketiga kali tahun, semakin lebar.

Dalam catatan analisanya hari ini, Goldman Sachs menuliskan bahwa NFP AS Juli merefleksikan pertumbuhan industri-industri AS yang membaik. Mereka menyatakan tidak mengubah probabilitas kenaikan suku bunga AS dengan rincian persentase: 5 persen di bulan September; 5 persen bulan November; serta 50 persen pada bulan Desember. Secara kumulatif artinya, masih ada kemungkinan sebasar 60 persen bagi The Fed untuk menaikkan suku bunganya lagi tahun ini.

Note :
Sebagai tambahan informasi, berdasarkan data dari situs Logam Mulia, harga emas ANTAM pada hari Senin ini terbilang stagnan dibandingkan dengan minggu lalu. Harga jual pecahan emas Antam berada di level Rp 593.000 per satu gram.
(Visited 33 times, 1 visits today)