Harga Emas Turun Menantikan Penetapan Ketua The Fed AS

In Berita Fundamental Emas by Reza Pahlevi

Harga emas merosot pada akhir perdagangan Rabu dinihari (25/10) dengan investor mencermati berita pemilihan kepala Federal Reserve A.S., sementara pasar saham yang kuat dan lingkungan geopolitik yang lebih tenang melemahkan permintaan safe haven.

Harga emas spot LLG turun 0,19 persen pada $ 1,279.21 per ons setelah mencapai level terendah sejak 6 Oktober di $ 1,271.86 pada sesi sebelumnya. Harga emas berjangka A.S. untuk pengiriman Desember turun $ 2,60, atau 0,2 persen, di $ 1,278.30 per ons. Emas Spot telah turun 6 persen sejak menyentuh level tertinggi satu tahun di $ 1.357,54 pada 8 September, sebagian besar karena rebound dalam dolar karena ekspektasi bahwa Fed akan menaikkan suku bunga pada bulan Desember.

Presiden Donald Trump mengatakan kepada wartawan pada hari Senin bahwa dia sudah sangat dekat untuk membuat keputusan tentang siapa yang harus memimpin bank sentral. Calon hawkish akan diharapkan untuk mendukung suku bunga yang lebih tinggi, meningkatkan nilai dolar dan membuat emas dalam mata uang dolar lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

The Fed diperkirakan akan menaikkan suku bunga pada bulan Desember dan dua kali tahun depan, menurut jajak pendapat ekonom Reuters, yang sekarang khawatir bahwa bank sentral akan memperlambat pengetatannya karena ekspektasi bahwa inflasi akan tetap rendah. Indeks saham dunia MSCI 47 negara bergerak mendekati level tertinggi baru-baru ini setelah penurunan saham General Electric di Wall Street.

Perak turun 0,32 persen menjadi $ 16,991 per ons, setelah mencapai level terendah sejak 9 Oktober di sesi sebelumnya. Platinum naik 0,51 persen pada $ 925,70 per ons sementara paladium naik 0,73 persen pada $ 966 per ons.

Palladium memiliki nilai lebih dari dua kali lipat sejak menyentuh level terendah 5,5 tahun di bulan Januari tahun lalu sementara platinum hanya naik 15 persen pada periode yang sama.(Source VibizMedia).
(Visited 30 times, 1 visits today)