Hati-hati dengan diskon palsu saat belanja Online

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

diskon-hoax

Masyarakat Indonesia ditawari diskon gede-gedean pada Hari Belanja Nasional (Harbolnas) 2016. Nianya fantastif, total diskon yang ditawarkan digadang-gadang mencapai Rp 120 miliar. Tetapi muncul cerita pahit didalamnya, diantaranya ada diskon palsu. Ada 140 situs e-commerce yang turut merayakan Harbolnas itu. Kabarnya, mereka akan memberikan potongan harga hingga 90 persen untuk berbagai macam produk. Jumlah peserta Harbolnas tahun ini meroket. Pada Tahun lalu, tercatat cuma 78 situs e-commerce saja yang ikut berpartisipasi. Namun fakta menarik dan mecengangkan ikut mewarnai pergelaran Harbolnas tersebut, di beberapa situs, termasuk Lazada ada beberapa barang yang memberikan diskon secara tidak wajar. Jika tidak jeli, konsumen bisa tertipu karenanya.

Himbauan Panitia Harbolnas

“Kami menghimbau konsumen agar berbelanja dengan cermat”Miranda Suwanto

Tabel perbandingan persentase responden dan lama belanja selama Harbolnas dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini.

durasi-belanja-harbolnas

Miranda mengatakan, hal ini menunjukkan bahwa konsumen juga melakukan riset sebelum berbelanja. “Dan itu yang kami harapkan. Mereka mengambil waktu untuk melakukan riset dan mencari tahu,” ujar Miranda.

Tips dan trik dalam belanja Online

Tips ini harus dilakukan kalau Anda berbelanja seperti pakaian online di situs web yang Anda sendiri kurang familiar. Periksa nomor telepon si penjual dan hubungi.

Kalau tidak meyakinkan, kunjungi mesin pencari Google atau Yahoo kemudian masukkan nama situs web itu. Carilah ulasan dari konsumen mereka. Kalau ada yang tidak beres, sudahlah, tinggalkan saja situs web itu.

Bertransaksi online memang paling nyaman jika menggunakan kartu. Meski demikian, Anda sebaiknya menggunakan kartu kredit dibandingkan kartu debit. Hal ini dikarenakan kartu kredit merupakan ekstensi dari kredit sementara kartu debit langsung mengambil uang dari akun bank Anda. Tentu saja ini sangat riskan sebab jika informasi tersebut bocor, hacker dapat dengan mudah mengacaukan keuangan Anda.

Sebagian dari Anda mungkin sering tak terlalu memperhatikan harga ketika berbelanja barang grosir. Sebaiknya hitung harga produk sebenarnya agar tidak tertipu trik swalayan. Misalnya jika ada sebuah barang yang diklaim lebih ‎murah jika dibeli tiga, bagi terlebih dulu harga tercantum menjadi tiga. Jika hasil tersebut tidak jauh berbeda dengan harga satuan, sepertinya Anda tak perlu membeli terlalu banyak bila kurang dibutuhkan.

Curigailah pada barang bermerek yang dijual dengan potongan harga yang sangat besar.

Beberapa orang setia dengan satu pasar swalayan yan‎g dianggap murah. Sesekali tak ada salahnya untuk berbelanja ke supermarket lainnya demi membandingkan harga. Profesor Bernhard menyarankan agar Anda tidak membandingkan berdasarkan harga satuan namun keseluruhan biaya.

(Visited 25 times, 1 visits today)