Hati-hati, ternyata di Laut juga ada Kutu

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

Kutu laut adalah sekelompok spesies hewan copepoda dari ordo Siphonostomatoida, yaitu famili Caligidae. Terdapat sekitar 559 spesies di 37 genera, termasuk 162 spesies Lepeophtheirus dan 268 spesies Caligus. Kutu laut merupakan ektoparasit yang memakan lendir, jaringan epidermis, dan darah dari ikan laut inangnya.

Salah satu spesiesnya yaitu Caligus rogercresseyi menjadi parasit utama di pembudidayaan salmon di Cile. Penelitian telah dilaksanakan untuk memperoleh pemahaman lebih lanjut dari interaksi antara parasit ini dengan inangnya. Bukti-bukti terkini menunjukkan bahwa L. salmonis di Samudra Atlantik memiliki beberapa perbedaan genetik dibandingkan dengan L. salmonis dari Samudra Pasifik, menunjukkan bahwa L. salmonis Atlantik dan Pasifik kemungkinan secara independen berevolusi bersama salmon di Atlantik dan Pasifik.

Kutu laut pemakan daging serang remaja di Australia

Seekor makhluk laut mini berukuran sepersekian inci menggerogoti kaki seorang remaja saat berenang di Pantai Brighton, di pinggiran kota Melbourne, Australia. Para ahli menduga makhluk kecil ini berjenis krustasea.

Pada Sabtu (6/8/2017), Sam Kanizay (16 tahun) terkejut saat menemui pergelangan kaki dan betisnya penuh dengan darah saat mengangkat kakinya dari air. Bahkan menurut sang ayah, Jarrod Kanizay, kepada BBC Australia (7/8), darah tak henti mengucur.

Keluarga pun langsung mencari tahu dan mencari bug pemakan daging tersebut yang mengakibatkan lubang-lubang kecil pada kaki Sam. Jarrod kembali ke pantai untuk menangkap beberapa hewan kecil yang telah menggigit anaknya itu dengan cara memasang jaring berisi umpan daging mentah.

Setelah diangkat, apa yang didapatinya sangat mengejutkan. Ada ratusan hewan-hewan kecil seukuran 1-2 sentimeter yang mengerubuti daging-daging mentah tersebut.

INFO :
Lysianassid merupakan jenis amfipoda yang berperilaku sebagai pebangkai, alias pemakan bangkai atau tanaman dan hewan yang membusuk.
(Visited 82 times, 1 visits today)