Hujan Es di Bandung, Kenapa Bisa Terjadi ?

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

hujan es

Hujan deras disertai angin kencang menerjang Kota Bandung (19/4) tadi siang. Bahkan di sejumlah wilayah di Kota Bandung terjadi hujan es.

Prakirawan BMKG Kota Bandung Neneng Sugianto menjelaskan hujan es yang terjadi di Kota Bandung disebabkan adanya proses kondensasi yang terlalu dingin. Sehingga air yang menguap berubah bentuk menjadi butiran es.

Hujan es terjadi akibat kondensasi yang terlalu dingin. Hingga mencapai titik freezing dengan suhu -44 derajat celcius. Jadi pas turun ke bawah berupa butiran esNeneng

Dia melanjutkan, BMKG Kota Bandung menerima laporan dari masyarakat terkait hujan es yang terjadi di sebagian kecil wilayah Kota Bandung. Hujan es dan angin kencang menerjang Kota Bandung sekitar pukul 14.00 WIB.

Laporan yang masuk ke BMKG memang ada hujan es di sekitar Lapangan Gasibu, Sabuga, Dago, Jalan Suci, dan CihampelasNeneng

BMKG: Anginnya Ekstrim

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kelas 1 Bandung, Yuni Yulianti mengatakan, hujan es disertai angin kencang melanda Bandung mulai selama hampir satu jam sekitar pukul 14.00 siang. Anginnya ekstrim dengan kecepatan sekitar 40 kilometer/jam. “Biasanya maksimum hanya 20 kilometer/jam,” kata dia saat dihubungi Tempo, Rabu, 19 April 2017.

Yuni mengatakan, hujan ekstrim dengan durasi singkat dan deras sudah diprediksi terjadi di sejumlah tempat di Jawa Barat yang mulai memasuki masa peralihan musim dari musim kemarau menuju musim hujan. Hujannya ekstrim. “Kita sudah memprediksi, tapi tidak sekencang ini,” katanya. Menurut Yuni, pengaruh cuaca lokal di Bandung berpengaruh dominan pada cuacanya, selain pengaruh global pola siklon atau konversi pertemuan anginnya. Data teknis yang dikumpulkan hari ini, misalnya sudah menunjukkan potensi terjadinya hujan ekstrim.

Pola angin di ketinggian 3 ribu feet dan data pengamamata cuaca di sekitar Kota Bandung didapati kondisi angin atmosfer labil. Mendukung proses konvektivitas yang tinggi di wilayah Jawa Barat, khusunya di Kota Bandung. Hal ini ditunjukkan dengan perbedaan suhu udara yang signifikan anatar pukul 7 dan pukul 10 pagi sebesar 6,2 derajat Celcius, kata Yuni.

(Visited 36 times, 1 visits today)