Ijin Pembangunan Rumah AS Bulan Mei Anjlok, Terendah 8 Bulan

In Berita Fundamental Ekonomi by Reza Pahlevi

Building Permits atau Ijin Pembangunan Rumah AS selama bulan Mei mencatatkan penurunan terbesar dalam kurun 8 bulan terakhir, berdasarkan data yang dirilis oleh Departemen Perdagangan pada hari Jumat kemarin (16/6) di awal sesi New York. Penurunan jumlah ijin membangun rumah menunjukan pasar properti Negeri Paman Sam gagal melakukan recovery selama kuartal kedua 2017 sehingga memicu kekhawatiran pasar terhadap kondisi sektor property AS yang terlihat goyah.

Jumlah Ijin Membangun untuk seluruh wilayah AS selama bulan lalu sebanyak 1.17 juta unit, lebih rendah dari data periode sebelumnya yang kala itu bertambah 1.23 Juta unit. Data Building Permits yang rilis malam ini sekaligus mematahkan ekspektasi ekonom melalui polling Reuters sebelumnya memprediksi akan bertambah 1.25 juta unit di bulan Mei.

Kondisi serupa juga terjadi pada data Housing Starts yang dirilis oleh Departemen Perdagangan AS, menunjukan pada bulan lalu mencatatkan penurunan 5.5 persen menjadi 1.09 juta unit, lebih buruk dari data April yang menambah 1.16 juta unit. Forecast ekonom untuk data Housing Starts sebelumnya mematok angka 1.22 juta unit di bulan Mei, dengan kata lain data yanga rilis malam ini bertolak belakang dengan harapan pasar sehingga berpotensi menekan pergerakan Dollar AS. Pembangunan rumah (Housing Starts) telah turun sebanyak 2.4 persen secara basis tahunan hingga bulan Mei 2017. Single House yang merupakan kelompok terbesar yang mempengaruhi data Housing Starts turun sebanyak 3.9 persen menjadi 794,000 unit selama bulan lalu – yang juga terlemah 8 bulan – setelah sebelumnya menyentuh rekor tertinggi 9-1/2 tahun.

Note :
Ekonom lebih menyalahkan adanya hambatan pada pasokan tenaga terampil – sebagai penyebab utama anjloknya Housing Starts – daripada permintaan masyarakat terhadap tempat tinggal, pasalnya kondisi trend upah yang terus menanjak, ditambah membaiknya pasr tenaga kerja AS yang membuat permintaan terhadap properti tetap stabil.
(Visited 9 times, 1 visits today)