Indonesiabaik.id Sebarkan Informasi Publik dari Kemkominfo dengan Cara Kekinian

In Berita Terhangat dan Terkini by Kia Pratiwi

Derasnya arus hoaks, berita mencemaskan, dan konten buruk lain mendorong Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) untuk meluncurkan sebuah portal berita Indonesiabaik.id. Portal berita yang dikelola langsung oleh Kemkominfo ini ditujukan untuk membendung peredaran informasi negatif di masyarakat, terutama soal pencapaian pemerintahan. Bersama Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Rosarita Niken Widiastuti, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara meresmikan portal IndonesiaBaik.id pada 6 Juni 2017 lalu. Portal ini akan dipergunakan untuk menyampaikan kabar seputar pencapaian kebijakan pemerintah, informasi layanan publik, hingga program lainnya yang saat ini tengah dijalankan pemerintah, seperti Gerakan Nasional 1000 Starup Digital.

Konten Indonesiabaik.id disesuaikan dengan preferensi generasi muda

Lebih lanjut, Indonesiabaik.id dirancang Kemkominfo sebagai wadah penyebaran serta penyimpanan konten digital, dengan sasaran generasi muda usia 20-34 tahun dan kalangan pembaca konten digital lainnya. Kemkominfo juga tidak menutup kemungkinan untuk membuka partisipasi masyarakat dalam menyumbangkan konten berupa tulisan di Indonesiabaik.id. Sebagaimana dikutip dari AntaraNews, Rosarita mengatakan bahwa program tersebut nantinya juga akan mendorong publik untuk ikut bersama mengisi konten-konten positif di dalamnya.

Mencakup infografis hingga channel YouTube

Portal yang dikelola sendiri oleh Kemkominfo ini tidak hanya sekadar menyediakan berita saja, tetapi juga mengemasnya lewat penyampaian detail infografis serta video yang diunggah melalui channel YouTube resmi IndonesiaBaik. “Biasanya pemerintah menyampaikannya dengan cara yang kaku dan kurang kekinian. Dengan ini kami ingin menyampaikan berita secara kekinian karena yang penting pesannya sampai. Bukan grammar yang diributkan, namun pesannya tidak sampai ke masyarakat,” ungkap Rudiantara.

Upaya berkesinambungan Kemkominfo

Sebelumnya, Kemkominfo juga telah meluncurkan CekRekening.id pada Mei 2017 Lalu. Situs pelaporan terkait penipuan online tersebut mendapatkan respons positif dari masyarakat. Dalam kurun waktu lima hari, Kemkominfo mengaku telah menerima pengaduan rekening sebanyak delapan ratus kali, sehingga menambah durasi proses verifikasi pelaporan dari yang awalnya tiga menjadi lima hari.

Dengan kehadiran IndonesiaBaik.id, ke depannya pihak kementerian dapat lebih mudah untuk menyosialisasikan program-program yang telah digagas lainnya, antara lain seperti Sistem Rating Game Indonesia yang sudah bisa mulai diakses sejak bulan April 2017 lalu.

(Visited 25 times, 1 visits today)