Ini Resiko Investasi Yang Paling Ditakutkan

In Tips Trading by Della Fitriani

resiko

Ada satu pertanyaan yang biasanya banyak dipertanyakan orang tentang investasi. “Beranikah saya mengambil risiko dalam berinvestasi?”. Pertanyaan ini sering terlontar bila anda sedang menimbang-nimbang untuk melakukan investasi. Katakan anda punya uang Rp 20 juta, dan anda bingung apakah akan menaruhnya di bank atau ditempat lain. Kalau ditaruh dibank, anda mungkin merasa aman. Tetapi kadang-kadang, tawaran investasi ditempat lain seringkali cukup besar dan sangat menggoda, sehingga kadang-kadang menarik namun juga sekaligus beresiko untuk anda lakukan.

Yang namanya investasi pasti memiliki resikonya masing-masing. Biasanya hanya ada tiga risiko yang paling ditakuti ketika berinvestasi, apa sajakah itu?

Resiko Berinvestasi Yang Paling Ditakutkan

Risiko yang paling ditakuti pada umumnya adalah “Apakah uang saya akan hilang?” Kebanyakan orang mungkin menjawab “tidak” kalau ditanya seperti itu. Iyalah, mana ada, sih orang yang mau kehilangan uangnya? Akan tetapi, masalahnya, yang namanya resiko pasti ada dalam setiap jenis investasi. Bedanya ada pada seberapa besar uang yang hilang. Ada produk investasi yang risikonya cukup besar, ada yang sedang, dan ada pula yang kecil. Itu semua mungkin butuh pembahasan yang khusus.

Sekarang kalau anda berinvestasi, seberapa besar penurunan nilai yang bersedia anda tanggung bila anda mengalami kerugian? Apakah 10 persen, 30 persen, 50 persen, atau mungkin hingga 100 persen? Berapapun besar kerugian yang mampu anda tanggung, ingatlah, itu adalah bagian dari berinvestasi. Jangan pernah mengharapkan anda akan terus-menerus untung. Yang namanya kerugian, sesekali memang harus dialami. Kalau enggak mengalami, ya enggak belajar, betul tidak?

INFO :
Dengan mengetahui resiko-resiko berinvestasi, semoga kedepannya Anda bisa lebih baik menggunakan uang dalam memilih investasi. Pilihlah investasi yang sesuai dan aman untuk Anda.
(Visited 39 times, 1 visits today)