Inilah Fakta dan Mitos Buah Durian

In Berita Terhangat dan Terkini by Reza Pahlevi

Jakarta - Seperti rambutan, nama durian berasal dari kata bahasa Indonesia yang artinya buah yang memiliki duri di kulitnya. Selain baunya yang menyengat, buah ini kerap dituding bukan buah nan sehat. Salah satunya, bisa melonjakkan kolesterol. Padahal buah ini mengandung vitamin C, vitamin B, thiamine, tembaga, besi dan serat, serta lemak sehat. Berikut ini mitos dan fakta buah berduri tersebut:

Kolesterol ditemukan pada makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti daging merah, makanan laut, dan produk susu. Durian memiliki lemak tak jenuh tunggal yang baik bagi jantung dan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL Anda.

  • 1. Durian dan Kenaikan Berat Badan
Satu kilogram durian rata-rata memiliki hampir 1.350 kalori. Karena itu, memakan satu durian dapat mengumpulkan 68 persen dari kalori harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa rata-rata. Sebab, satu biji durian (sekitar 40 gram) memiliki 54 kalori.

Penderita diabetes tidak dianjurkan berpesta dengan durian karena kandungan gula buahnya tinggi. Durian mengandung gula sederhana—sukrosa, fruktosa, dan glukosa.

Untuk mereka yang sehat, durian—-yang kaya karbohidrat—-dapat membantu mengisi kembali tingkat energi rendah dengan cepat. Kandungan potasium yang tinggi juga bisa membantu mengurangi kelelahan serta menghilangkan stres mental dan kecemasan.
(Visited 55 times, 1 visits today)