Isu Gunung Galunggung Tasikmalaya Meletus Hoax ?

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menegaskan isu yang menyebut Gunung Galunggung, Tasikmalaya, Jawa Barat, meletus tidak benar alias hoax. Status Gunung Galunggung tetap normal.

Isu yang mengatakan Gunung Galunggung meletus disertai hujan batu adalah hoax, tidak benarKepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui akun Twitter-nya

Warga di sekitar kaki Gunung Galunggung, Tasikmalaya, Jawa Barat, berlarian saat melihat cuaca ekstrem di wilayahnya. Di video yang beredar di kalangan wartawan, banyak warga yang mencoba menjauhi lokasi kejadian. Beberapa pohon tampak roboh akibat terkena angin kencang.

Gunung Galunggung Meletus, Hoax kata BNPB

Banyak yang mengaitkan video tersebut dengan meletusnya Gunung Galunggung. Apalagi, saat ini, Gunung Agung di Bali sempat erupsi lagi pada Jumat (8/12) pagi hari. Saat dikonfirmasi ke Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, ia mengatakan, "Isu yang mengatakan Gunung Galunggung di Tasikmalaya meletus, disertai hujan bantu adalah hoax, tidak benar. Gunung Galunggung tetap normal. Benda-benda yang beterbangan di lereng gunung disebabkan oleh angin kencang dari awan Cumulonimbus."

INFO :
Sejak Kamis pagi angin cukup kencang melanda wilayah Kabupaten Tasikmalaya, hingga mengakibatkan beberapa pohon tumbang, serta bangunan tidak permanen di Gunung Galunggung rusak diterjang angin.
(Visited 36 times, 1 visits today)