James Wong Howe Jadi Google Doodle Hari Ini

In Berita Terhangat dan Terkini by Reza Pahlevi

Google Doodle hari ini, Senin, 28 Agustus 2017, merayakan hari ulang tahun James Wong Howe ke-118. Siapa dia? Dia adalah seorang sinematografer berdarah Cina-Amerika Serikat. Google membuatkan sketsa hitam-putih untuk merayakannya. Hitam-putih merupakan ciri khas film Wong Howe saat itu.

James Wong Howe lahir di Taishan, 28 Agustus 1899. James, atau biasa dipanggil Jimmy, terkenal atas pembuatan film yang inovatif, menggunakan bayangan dan detail yang mendalam. Semasa hidupnya, Jimmy sudah membuat 130 film dan sebagian besar menjadi terdepan di Hollywood. Ia 10 kali masuk menjadi nominasi Academy Awards dan berhasil memenangkannya dua piala untuk film The Rose Tatto (1955) dan Hud (1963).

Jimmy dan keluarganya pindah ke Negeri Abang Sam saat dia berumur 5 tahun. Dia dibesarkan di negara bagian Washington. Selama remaja, dia bekerja serabutan. Karier pertamanya di dunia film adalah menjadi pengantar film dan memungut potongan-potongan film dari lantai kamar studio pemotongan. Di hampir seluruh filmnya, Wong Howe menggunakan pencahayaan, framing, dan gerakan kamera untuk mengekspresikan emosi. Dia menemukan secara tidak sengaja latar gelap untuk menciptakan nuansa warna dalam film hitam-putih, yang kemudian menjadi ciri khasnya.

Jimmy bahkan dikenal sebagai pelopor penggunaan lensa sudut lebar (wide angle), pencahayaan rendah, dan cahaya warna. Dia juga kerap memanfaatkan crab dolly, kamera dengan empat roda dan lengan bergerak yang mendukung pergerakan kamera. Selama tinggal di Amerika, Jimmy kerap mendapatkan diskriminasi rasial. Dia berhasil menjadi warga negara Amerika Serikat setelah Chinese Exlusion Act dicabut pada 1943. Bahkan, pernikahannya dengan Sanora Babb tidak diakui negara sampai pada 1948

Note
Meski menghadapi kehidupan cukup keras, Jimmy tetap berjuang untuk karya-karyanya. Dalam survei International Cinematographers Guild, Jimmy merupakan sinematografer paling berpengaruh. Ia meninggal di Hollywood, 12 Juli 1976 pada umur 76 tahun.
(Visited 29 times, 1 visits today)