Kantor Jenius: Korporasi Rasa Startup

In Berita Terhangat dan Terkini by Kia Pratiwi

Integrasi teknologi ke dalam industri perbankan memang kian marak dilakukan oleh para bank-bank besar. Salah satu pemain yang turut dalam inisiatif ini adalah Bank BTPN. Dalam bedah kantor kali ini, tim Tech in Asia Indonesia menyambangi kantor Jenius yang berlokasi di Menara BTPN, Mega Kuningan. Dengan aplikasi terbaru mereka, Jenius, Bank BTPN berusaha untuk memberikan penyegaran di ranah layanan perbankan dengan memberikan kemudahan transaksi.

Tujuan Dibentuknya Jenius

Dibuat untuk mempermudah penggunanya dalam mengelola hidup dan keuangan para digital savvy dan socially connected people, Jenius hadir sebagai solusi dari tantangan perbankan yang dialami oleh pribadi dengan mobilitas tinggi. Dengan adanya Jenius, pengelolaan keuangan pengguna akan lebih cerdas, aman, serta anti repot — yang semuanya dapat diakses dengan mudah di smartphone pengguna. Jenius akan mengatur seluruh keperluan keuanganmu, sehingga kamu dapat lebih fokus untuk mengerjakan setiap kegiatanmu.

Nama Jenius sendiri dipilih berkat kerja sama antara stakeholder internal dengan target pasar Jenius melalui beberapa proses ko-kreasi. Adapun pertimbangan lain dalam pemilihan nama adalah kata yang paling cocok untuk menggambarkan gebrakan di ranah layanan perbankan serta smart digital banking yang diusung oleh aplikasi ini. Berlokasi di area bisnis Mega Kuningan yang strategis tidak akan menyulitkanmu ketika ingin menjangkau kantor Jenius.

Lokasi kantor Jenius
Berada di atas area seluas 900 m2, kantor Jenius mempekerjakan lebih dari 100 karyawan yang memiliki rentang usia antara 21 hingga 45 tahun. Jenius juga tidak mengikat gaya berpakaian karyawan, dengan memberikan kebebasan berbusana kepada mereka — kasual, namun tetap rapi.
Suasana Kantor Jenius

Korporat bernuansa startup

Dengan latar belakang karyawan yang mayoritas bukan dari kalangan perbankan, menjadikan Jenius sebagai sebuah bagian yang unik dari Bank BTPN, karena diisi oleh para karyawan berjiwa muda dari berbagai macam latar belakang yang selalu bersemangat untuk mengerjakan hal-hal yang baru. Ketiadaan pengalaman di industri bank tidak menjadi penghalang bagi para karyawan Jenius untuk terus berinovasi dengan teknologi di ranah perbankan.

Selain dominasi anak muda yang ada di Jenius, desain layout kantor juga sengaja didesain open space untuk mengakomodasi para karyawan yang dinamis. Kami sempat bingung ketika memasuki kantor Jenius dan mendapati desain yang sangat fun dan colorful yang ada di sini — berbeda dengan desain tata ruang pada kantor Bank BTPN sendiri.

Kantor Jenius – Workplace reinvented 

“Jenius ingin membawa startup spirit ke dalam ranah perbankan seperti yang telah dilakukan oleh industri fintech (financial technology)” ujar Dimas Novriandi, Marketing PR dari Jenius. Agile culture yang diterapkan pada Jenius juga dianggap sangat membantu tim menjadi adaptif terhadap setiap perubahan yang ada.

Demi mengakomodasi kreativitas serta produktivitas kerja, Jenius memberikan berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh para karyawannya. Mulai dari coffee machine, meja biliar, PlayStation 4, hingga studio band dan karaoke dapat digunakan oleh para karyawan untuk sejenak melepas penat dari pekerjaan mereka. Selain fasilitas-fasilitas tersebut, Jenius juga memiliki program regular bernama Engagement Event setiap bulannya, seperti menonton film favorit bersama ataupun beberapa inisiatif seru lainnya.

Suasana kerja di Jenius

Dengan membawa semangat startup ke dalam ranah korporasi, Jenius memiliki suasana kerja yang sangat dinamis dan cepat.

(Visited 176 times, 1 visits today)