Kata Kata Bijak Trader Bruce Kovner

In Kisah Sukses Dari Trading by Reza Pahlevi

Bruce Kovner, salah seorang milyarder AS dan salah satu superstar trading di Commodities Corporation (sekarang bagian dari Goldman Sachs) menjawab berbagai pertanyaan mengenai rahasia suksesnya setelah hampir 30 tahun berkecimpung dalam dunia trading. Dalam buku ‘Market Wizards’, Kovner menjawab berbagai pertanyaan dari Jack Schwager, trader sekaligus penulis buku best seller tersebut. Berikut ini beberapa petikannya:

Bruce Kovner

“Mungkin ada banyak aturan pertama dalam trading, tetapi menurut pendapat saya, aturan pertama dalam trading adalah jangan masuk pasar pada situasi ketika Anda merasa akan mengalami kerugian besar karena berbagai alasan yang Anda tidak mengerti.”

“Michael Marcus mengajarkan kepada saya satu hal yang luar biasa. Ia meyakinkan saya bahwa saya bisa profit jutaan dollar, bukan sekedar mungkin bisa atau akan bisa. Ia mengatakan bahwa jika saya menerapkan semua pengetahuan yang saya miliki dengan benar, maka hal itu bisa terjadi.  Sangat mudah untuk lupa bahwa kamu benar-benar bisa melakukannya (memperoleh keuntungan jutaan dollar). Dia menunjukkan pada saya bahwa jika kamu mengambil posisi dan menerapkan disiplin, maka kamu benar-benar bisa melakukannya.”

“Saya kurang yakin trader bisa merumuskan dengan jelas mengapa sebagian trader bisa sukses sedang sebagian yang lain tidak. Bagi saya ada 2 unsur penting. Pertama, saya bisa membayangkan kondisi atau struktur dunia yang berbeda dari sekarang, dan saya percaya hal itu akan terjadi. Saya bisa membayangkan harga kedelai akan menjadi 2 kali lipat dari sekarang atau USD yang jatuh hingga 100 Yen (waktu itu USD/JPY masih diatas 100). Kedua, saya selalu disiplin dengan rencana trading dan selalu berpikir rasional meskipun dalam keadaan tertekan. Untuk bisa sukses dalam trading, Anda harus kuat, independen, dan kadang berlawanan dengan trader pada umumnya. Maksud saya, Anda harus berani mengambil posisi yang kebanyakan trader tidak berani mengambilnya. Tetapi Anda harus disiplin dengan ukuran trading, jangan serakah atau terlalu yakin, hal itu akan membuat Anda lupa diri dan jatuh.”

“Saya selalu trading berdasarkan pandangan atau prediksi saya mengenai keadaan pasar. Saya tidak masuk pasar begitu saja hanya berdasarkan informasi analisa teknikal. Saya akui analisa teknikal memang hebat, tetapi saya tidak akan masuk pasar sebelum tahu benar mengapa pasar bergerak seperti itu.

Informasi
Banyak trader yang tahu lebih banyak daripada saya. Saya hanya mengumpulkan semuanya (pengetahuan orang-orang yang lebih tahu) dan mengambil kesimpulan. Pasar biasanya menang karena ada orang-orang yang lebih tahu daripada kamu.”

“Pasar saham sangat berjangka pendek, maksud saya trend bisa berubah dalam waktu yang singkat. Setelah naik hingga suatu level tertentu, harga biasanya akan turun. Pasar komoditi digerakkan murni oleh permintaan dan penawaran terhadap produk-produk komoditi tersebut. Jika persediaan komoditi tertentu sedang langka harga memang benar-benar naik, dan biasanya pasar akan dalam kondisi uptrend hingga waktu yang cukup lama.”

(Visited 293 times, 1 visits today)