Kembali heboh ular makan Manusia

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

ular makan manusia

Kejadian mengerikan seorang petani sawit bernama Akbar (25) yang ditelan ular piton raksasa sepanjang 9 meter di Desa Salubiro, Kecamatan Korossa, Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, Senin (27/3/) ,sebenarnya bukan kesalahan ular.

Menurut laporan media lokal setempat, sebelum dibuka menjadi perkebunan sawit pada tahun 1990-an, di lahan yang semula masih hutan lebat itu biasa ditemui ular piton raksasa yang gemar berburu babi hutan.

Ketika habitat ular piton itu dibabat dan diubah menjadi lahan sawit, para ular piton raksasa ternyata masih suka mencari mangsa di tempat yang dahulu merupakan habitat dan daerah perburuannya itu.

Bagaimana caranya ular sepanjang empat meter bisa memakan manusia?

Ketua Yayasan SIOUX Ular Indonesia, Aji Rachmat Purwanto menyampaikan analisanya. Diperkirakan saat itu ular Phyton reticulatus tersebut sedang berburu mangsa dan sangat kelaparan.

Jika tidak sedang berburu atau kelaparan, korban hanya akan disakiti atau dibunuh lalu ditinggal oleh ularAji

Makanan ular adalah hewan atau makhluk lain yang lewat di area berburunya. Ular tidak bisa membedakan jenis makanan di alam. Yang terdekat dari areanyalah yang akan diburu dan dimakan.

Melihat kondisi korban diperkirakan ular piton itu menggigit terlebih dulu salah satu bagian tubuh korban untuk kuncian lalu membelit. Perlu cek visum lebih detil titik mana yang digigit pertama kali oleh ular. Namun sementara Aji menduga kemungkinan serangan pertama terjadi di kepala, jika posisi ular menggantung di atas pohon.

(Visited 96 times, 1 visits today)