Ketahui apa beda saham dan reksadana

In Panduan Forex Pemula by Della Fitriani

Mungkin masih banyak orang yang bingung, apa sih beda investasi reksa dana saham dengan saham? Padahal kalau di lihat-lihat keduanya mirip kan, lalu bedanya ada dimana?

Definisi Saham

Saham adalah bukti bagian atas kepemilikan suatu perusahaan. Di Indonesia, saham perusahaan publik dapat diperdagangkan dalam bursa saham. Nah perdagangan tersebut yang seringkali disebut dengan investasi saham.

Contoh: Saham perusahaan PT. Bank Mandiri Persero Tbk (kode: BMRI)

Pengertin Reksa dana

Reksa dana merupakan kumpulan (biasa disebut portofolio) dari beragam saham,obligasi, dan instrumen keuangan lainnya yang dipilih oleh manajer investasi berdasarkan tujuan investasi maupun kebijakan tertentu dan dana investasi yang tersedia. Tentu saja pilihan tersebut harus merupakan pilihan yang dipandang paling menguntungkan. Dalam hal ini, apabila pilihan pengelola (manajer investasi) cukup bagus dan bijaksana, investor juga akan diuntungkan. Namun sebaliknya, jika pilihan pengelola buruk, investor juga menanggung akibatnya.

Perbedaan mendasar

Perbedaan mendasar lainnya antara reksa dana dan saham atau obligasi adalah investor reksa dana memberikan dana dan hak untuk membuat keputusan investasi pada profesional (manajer investasi). Dalam hal ini, investor reksa dana cenderung pasif dan tidak turut campur dalam pembuatan keputusan investasi. Manajer investasilah yang mengelola dana Anda dan memberikan kembali keuntungan dari investasi tersebut ke Anda. Sebaliknya, keputusan investasi dalam saham atau obligasi ada di tangan Anda sebagai investor-investor bersifat aktif dan untung atau buntung sepenuhnya Anda yang menentukan.

Mekanisme jual beli reksa dana, saham, obligasi, dan surat berharga lainnya diatur oleh Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK). Bapepam-LK bertugas mengawasi dan melindungi kepentingan investor dari penipuan atau pencurian. Akan tetapi, naik turunnya nilai investasi Anda tidak dijamin oleh Bapepam-LK atau siapa pun. Anda bisa saja kehilangan sejumlah uang-atau dalam kasus yang sangat ekstrim: kehilangan seluruh uang Anda.

INFO :
Dilihat dari resiko, berinvestasi di reksa dana sangat tergantung dari fund manager. Jika fund manager tidak pintar, tentu kinerja buruk. Namun sebaliknya, jika fund manager lihai memilih portofolio, akan menghasilkan keuntungan. “Biasanya mengikuti gerak indeks harga saham gabungan (IHSG)
(Visited 18 times, 1 visits today)