Kiat-Kiat Cepat Beradaptasi dengan Pekerjaan Baru

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

Tahun baru identik dengan segala sesuatu yang baru. Entah itu resolusi baru, gadget baru, bahkan mungkin hidup baru. Tapi ada satu hal yang bisa membuatmu senang dan susah secara bersamaan: pekerjaan baru. Senang karena kamu mendapat suasana berbeda (dan mungkin lebih baik), tapi juga susah karena kamu harus memulai dari awal lagi.

Semakin cepat kamu beradaptasi terhadap pekerjaan baru, performamu tentu akan lebih baik. Apalagi bila kamu masih berada dalam masa percobaan (probation). Kemampuan adaptasi adalah salah satu kualitas yang mempengaruhi penilaianmu. Terapkan beberapa cara ini untuk mempermudah adaptasi tersebut.

Hal pertama dan penting yang harus anda lakukan adalah mempelajari etika dan budaya di tempat kerja yang baru tersebut. Setiap kantor atau tempat kerja punya etika dan budayanya masing-masing. Ada hal-hal khusus yang harus anda ketahui sehingga anda dapat beradaptasi dengan semua personil lainnya di tempat itu. 

Hal kedua yang amat penting yang harus anda lakukan adalah menunjukkan bahwa anda memiliki semangat kerja yang tinggi. Jangan sampai anda terlihat lesu, lelah dan tidak bersemangat. Seberat apapun pekerjaan dan tanggung jawab yang anda pegang di tempat kerja yang baru tidak boleh menyurutkan semangat kerja anda. Tunjukkan konsistensi dan eksistensi anda di kantor yang baru tersebut dengan semangat bekerja yang tinggi.

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar bisa beradaptasi di tempat kerja adalah bersikap ramah pada orang sekitar. Selain berguna untuk kamu di saat membutuhkan bantuan pekerjaan, hal tersebut juga dapat membuat kamu memiliki jalinan pertemanan yang baik dengan teman kerja.

Kekerabatan tentu akan mendongkrak semangat kerja kamu di tempat kerja. Terdongkraknya semangat kerjamu itu juga akan berimbas pada hal positif lainnya di saat berada di temapt kerja. Dengan begitu langkah lain untuk beradaptasi bisa kamu jalankan tanpa was-was namun tetap dalam aturan.

Tentunya dalam bekerja tidak selalu kita hanya mengerjakan apa yang menjadi kewajiban kita. Terkadang pekerjaan lain akan kamu terima dari senior atau atasan. Ingat, jangan pernah mengeluh jika mendapatkannya. Karena banyak hasil positif yang akan kamu terima dengan melakukan pekerjaan tersebut.

Salah satu contoh hasil positif yang akan kamu terima adalah kamu akan mendapatkan kepercayaan dari senior atau atasan. Dengan begitu tempat kerja bukan lagi menjadi momok yang menakutkan untuk kamu, karena senior atau atasan yang terkadang bisa saja mengintimidasi.

Agar tidak kehilangan jati diri Anda, tentukan 3 hal yang ingin Anda tetapkan sebagai hal-hal yang membuat Anda dikenal sebagai orang yang memiliki hal tersebut. Misalnya, Anda ingin dikenal sebagai seorang pekerja keras, solutif, dan ambisius.

Jika sudah tahu ingin seperti apa Anda dikenal, berusahalah mulai dari hari pertama bekerja untuk menunjukkan citra diri tersebut. Selesaikan pekerjaan sebelum tenggat watu jika ingin dikenal sebagai pekerja keras. Aktif dalam memberi solusi pada rapat jika ingin dikenal sebagai orang yang solutif.

INFO :
Selama minggu-minggu pertama Anda bekerja di tempat baru, pasti ada-ada saja yang membuat tidak nyaman, sehingga mungkin Anda membanding-bandingkannya dengan perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya.
(Visited 11 times, 1 visits today)