Kisah Seth Klarman, Sang Investor Sukses !!

In Kisah Sukses Dari Trading by Della Fitriani

seth-klarman

Banyak investor dan trader yang telah sukses dalam karirnya. Sebagian besar dari mereka membagikan pengetahuan mereka untuk mengembangkan dunia trading dan investasi seperti mendirikan perusahaan investasi, menjadi konsultan, komentator di berbagai media investasi dan bisnis, mengembangkan software trading, menulis buku, dan lain sebagainya. Darisini, kita bisa mengambil manfaat positif dari kisah perjalanan karir dan pandangan mereka tentang dunia trading dan investasi. Seperti kisah Seth Klarman berikut ini.

Siapakah Sebenarnya Seth Klarman ?

Selain trading, Klarman yang pengikut setia investor legendaris Benjamin Graham ini juga menulis buku tentang value investing dengan judul ‘Margin of Safety, Risk Averse Investing Strategies for the Thoughtful Investor’ yang laris dan cepat terjual habis. Saat ini buku tersebut bisa diperoleh di Amazon dengan harga USD 1,200 dan di eBay dengan harga USD 2,000 jika masih tersedia.

Seth Klarman lahir di New York dan besar di Baltimore. Selepas dari pendidikan ilmu ekonomi di Cornell University ia bekerja untuk Max Heine and Michael Price Mutual Shares Corporation sebelum memulai trading sendiri sambil melanjutkan pendidikannya di Harvard Business School untuk meraih gelar MBA. Pada saat yang sama Klarman mendirikan Baupost Group sebagai tempat investasinya bersama seorang professor Harvard. Sebagai trader yang konservatif, Klarman mengikuti strategi Benjamin Graham dengan membeli saham-saham yang kurang populer dan harganya diperkirakan sudah terlalu murah.

Berinvestasi adalah kombinasi dari pengetahuan ilmu ekonomi dan psikologi. Ekonomi, mencari nilai dari sebuah bisnis, tidak susah untuk dipelajari. Psikologi, pada harga berapa Anda akan membeli, apa benar begitu, apakah Anda tidak menunggu harga yang lebih rendah, Anda takut tidak kebagian?, lalu apa yang Anda takutkan?, hal-hal semacam itu sulit dipelajari. Tapi Anda bisa belajar hanya jika Anda telah benar-benar mengalaminya, dan psikologi trading Anda telah terbentuk. Dalam pasar modal, lebih sering harga saham ditentukan oleh panic selling pada akhir perdagangan, bukan oleh nilai hakiki saham tersebut.”Seth Klarman
(Visited 167 times, 1 visits today)