Laba Industri China Naik 14% karena Global Trade Improves

In Berita Fundamental Ekonomi by Della Fitriani

Keuntungan industri China naik 14 persen di bulan April dari tahun sebelumnya seiring perdagangan global meningkat. Keuntungan industri naik menjadi 572,8 miliar yuan ($ 83,6 miliar) bulan lalu, Biro Statistik Nasional mengatakan pada hari Sabtu. Itu dibandingkan dengan lonjakan 23,8 persen di bulan Maret, dan kenaikan 8,5 persen tahun lalu. Output di negara manufaktur terbesar di dunia berkembang pesat didukung oleh perdagangan global dan investasi yang lebih kuat, sehingga memberi produsen daya harga yang lebih baik. Eksportir China memanfaatkan permintaan yang membaik di tengah kekhawatiran bahwa ekonomi global dapat melambat dalam jangka panjang.

Secara umum, keuntungan industri masih mempertahankan pertumbuhan yang baikBiro tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan terpisah di situsnya pada hari Sabtu. Rasio utang perusahaan industri turun menjadi 56,2 persen pada akhir April, turun 0,6 persen dari tahun sebelumnya, menurut pernyataan tersebut.

Keuntungan industri melonjak 24,4 persen

Keuntungan industri melonjak 24,4 persen menjadi 2,28 triliun yuan dalam empat bulan pertama karena 38 dari 41 industri memperoleh keuntungan lebih baik dari tahun lalu, menurut biro tersebut. Biaya pendanaan perusahaan meningkat karena beban keuangan naik 4,2 persen bulan lalu dari tahun ke tahun, 1,2 persen lebih tinggi dari bulan Maret, katanya. Prospek pertumbuhan domestik China menghadapi ketidakpastian karena pembuat kebijakan mencoba mengendalikan kredit yang berlebihan. Penurunan mendadak dalam peringkat utang China oleh Moody’s Investors Service pekan lalu mungkin bertepatan dengan momentum melemah menyusul ekspansi yang lebih baik dari perkiraan di kuartal pertama.

(Visited 25 times, 1 visits today)