Lagi, Qualcomm Tolak Tawaran Akuisisi Broadcom

In Management Resiko Trading by Della Fitriani

Rencana akuisisi Broadcom Ltd terhadap Qualcomm Inc terganjal setelah perusahaan menolak tawaran senilai US$121 miliar pada hari Kamis (8/2/2018). Namun, Qualcomm menawarkan pertemuan dengan pihak Broadcom untuk melihat apakah penawaran akuisisi ini dapat berlanjut. Qualcomm beralasan tawaran tersebut “kekurangan nilai dan kepastian”. Tanggapan Qualcomm tersebut merupakan upaya untuk menyeimbangkan antara penolakan terus menerus atas upaya akuisisi dari Broadcom dan pengabaian panggilan dari beberapa pemegang saham Qualcomm, yang mendesak perusahaan tersebut untuk bertemu dengan Broadcom agar dapat meraih kesepakatan yang menarik.

Broadcom menawarkan untuk mengakuisisi Qualcomm dengan nilai USD80 miliar atau sekitar Rp1,078 triliun

Dikabarkan, meski Broadcom menawarkan untuk mengakuisisi Qualcomm dengan nilai USD80 miliar atau sekitar Rp1,078 triliun, tawaran tersebut dianggap "merendahkan" nilai Qualcomm. Selain itu, Qualcomm menganggap Broadcom tidak mempertimbangkan masalah dengan regulator yang mungkin timbul akibat akuisis tersebut. Para narasumber menyebutkan, Qualcomm mungkin akan mengumumkan penolakan mereka pada 13 November, paling cepat. 

Sementara itu, Broadcom tampaknya telah siap menghadapi perlawanan seperti ini. Sumber Reuters menyebutkan, mereka mempertimbangkan untuk menaikkan penawarannya.

Qualcomm adalah produsen cip ponsel terbesar di dunia
Qualcomm adalah produsen cip ponsel terbesar di dunia. Jika akusisi tercapai, Broadcom akan menjadi produsen komponen terbesar ketiga di dunia, setelah Intel Corp dan Samsung Electronics Co.

Chief Executive Qualcomm Steven Mollenkopf dalam beberapa hari terakhir telah meminta tanggapan dari para pemegang saham Qualcomm. Ia menilai tawaran senilai US$ 70 per saham menurunkan nilai perusahaan.

(Visited 25 times, 1 visits today)