Laporan comScore: WhatsApp Adalah Aplikasi Mobile Terpopuler di Indonesia

In Berita Terhangat dan Terkini by Kia Pratiwi

Di bulan Agustus 2016 lalu, beberapa asosiasi perusahaan digital dan periklanan tanah air secara resmi telah menggandeng perusahaan peneliti comScore untuk membuat Standar Pengukuran Audiens Online. ComScore diharapkan bisa menyediakan data jumlah pengunjung dari setiap situs dan aplikasi mobile yang ada di Indonesia, layaknya rating Nielsen untuk media televisi. Dan pada tanggal 29 Maret 2017, comScore pun menghadirkan laporan pertama mereka. Laporan tersebut diambil berdasarkan data bulan Januari 2017.

Laporan comScore
Dalam laporan tersebut, comScore menyatakan kalau aplikasi chat WhatsApp merupakan aplikasi mobile terpopuler dengan pengguna terbanyak di tanah air, tentu saja setelah aplikasi wajib para pengguna Android, yaitu Google Play. Menurut comScore, WhatsApp kini memiliki sekitar 35,8 juta pengguna di Indonesia. Tak hanya mempunyai jumlah pengguna yang banyak, WhatsApp pun merupakan salah satu aplikasi yang paling sering digunakan, setelah Facebook dan Line. Hal ini terlihat dari rata-rata waktu yang dihabiskan oleh para pengguna di dalam aplikasi tersebut, yaitu sekitar delapan jam dalam sebulan. Laporan ini seolah menunjukkan keunggulan WhatsApp dibanding aplikasi chat lain, seperti Blackberry Messenger yang berada di posisi keempat dengan 34,7 juta pengguna, dan LINE yang berada di posisi ketujuh dengan 27,6 juta pengguna.
Hal ini menjadi penting karena WhatsApp tengah menyiapkan platform mereka sebagai media untuk beriklan. Jumlah pengguna yang banyak dan loyal tentu bisa menjadi nilai tambah di mata para perusahaan yang ingin memasang iklan.

Untuk kategori media sosial, comScore menghadirkan data yang cukup mengejutkan dengan menyatakan bahwa aplikasi Instagram memiliki lebih banyak pengguna dibanding aplikasi Facebook, yang sebenarnya merupakan pemilik mereka. Namun jumlah pengguna kedua aplikasi tersebut masih tertinggal dari YouTube, yang mempunyai 35,6 juta pengguna.

Laporan comScore
Sedangkan untuk kategori media online yang paling banyak diakses lewat web mobile, posisi pertama diisi oleh pemilik situs Kompas.com, yaitu Kompas Gramedia. Mereka diikuti oleh KMK (pemilik Liputan6.com) dan Trans Media (pemilik Detik.com). Data ini tentu bisa berguna bagi para perusahaan yang ingin beriklan, untuk memutuskan di situs mana mereka akan memasang iklan mereka. Untuk membuat laporan ini, comScore menyatakan kalau mereka hanya menghitung pengguna yang berusia delapan belas tahun ke atas. Menarik untuk ditunggu apakah peringkat tersebut akan berubah bila comScore menghitung pengguna dari seluruh lapisan umur, mengingat saat ini sudah banyak remaja yang juga menggunakan smartphone.
(Visited 39 times, 1 visits today)