Memaksimalkan Instagram Sebagai Ruang Promosi Produk E-commerce

In Berita Terhangat dan Terkini by Kia Pratiwi

Situs berbagi foto dan video Instagram kini telah menjadi sebuah media sosial yang dapat digunakan sebagai akun personal ataupun untuk bisnis. Kini, setelah Facebook, Pinterest, dan Twitter yang memiliki fitur bisnis di dalamnya, akhirnya media sosial berbagi foto ini juga turut serta menyediakan layanan bisnis mereka — walau fiturnya tidak selengkap Facebook, Pinterest, dan Twitter.

Tips E-Commerce Memaksimalkan Instagram Untuk Citra Brand

Maksimalkan penggunaan foto produk

Bagi konsumen, melihat foto produk di akun Instagram memiliki sensasi yang sama seperti mereka sedang pergi ke mal dan melihat produk di etalase toko — tanpa perlu lelah berjalan di dalam mal dan berhimpitan dengan orang lain. Ketika brand kamu menambahkan produk baru ke dalam toko online, kamu tidak ingin memaksa supaya konsumen dapat langsung melihat produk tersebut di toko online. Karenanya, dengan post Instagram kamu dapat menggiring mereka untuk mengunjungi halaman produk baru tersebut. Ketimbang menghabiskan waktu untuk memotret gambar terbaik untuk profil Instagram brand kamu, akan lebih baik apabila kamu membuat sebuah gambar produk yang jelas dan dapat digunakan di semua platform.

Tunjukkan bahwa audiens benar-benar menggunakan produk kamu

Media sosial untuk berbagi foto seperti Instagram sangat cocok digunakan untuk e-commerce karena dapat menjadi wahana testimoni pelanggan yang puas menggunakan produk kamu. Dengan melakukan repost ulang foto dari pengguna produk kamu, kamu akan meyakinkan audiens lain untuk semakin ingin membeli produk kamu. Sayangnya, beberapa foto semacam ini seringkali menimbulkan kebingungan karena audiens tidak mengetahui produk apa yang berusaha ditekankan di foto tersebut. Hal ini bukan berarti foto produk yang digunakan audiens ini tidak efektif, hanya saja kamu perlu lebih cerdas untuk membuat caption foto tersebut agar tetap relevan di mata audiens. Tunjukkan seperti apa produkmu ketika digunakan atau tunjukkan kegunaannya kepada audiens. Apabila kamu berjualan busana, gunakan foto yang memiliki kesan seperti “lookbook”. Buat audiens kamu untuk berpikir bahwa mereka membutuhkan produk kamu.

Berikan kepribadian untuk brand kamu

Jadikan brand kamu lebih bersahabat dan dicintai oleh para konsumen di Instagram melalui foto. Unggah foto suasana kantor kamu agar audiens mengetahui seperti apa ketika bekerja di sana. Perlakukan audiens layaknya teman kamu sendiri. Kamu bahkan dapat mengenalkan beberapa karyawan yang bekerja di kantormu — apa kesehariannya, hobinya, dan lain-lain. Karyawan akan senang apabila publik mengenal mereka sebagai karyawanmu melalui media sosial — dan bukan tidak mungkin apabila follower karyawanmu akan mengikuti media sosial brand kamu.

Jangan sungkan untuk berbagi kata-kata inspiratif

Siapa yang tidak menyenangi kata-kata inspiratif? Sebuah post yang inspiratif sangat berpeluang untuk mendapatkan repost dari audiens, karenanya jenis post seperti ini sangatlah cocok bagi kamu untuk melakukan branding di media sosial. Kata-kata inspirasional ini dapat bersifat humor atau motivasi, dan kamu tidak perlu memikirkannya sendiri. Kamu dapat mengutip pernyataan tokoh yang inspiratif dari berbagai sumber di internet dan mengunggahnya — jangan lupa juga untuk memberikan credit kepada sumbernya. Selain itu, kamu juga harus menjaga post kata-kata inspirasional ini untuk tetap relevan dengan brand kamu melalui stok foto yang kamu gunakan.

Gunakan hashtag secara efektif

Bagi kamu yang telah cukup lama berkecimpung di dunia media sosial, hashtag mungkin bukan hal baru bagi kamu. Hashtag adalah sebuah kata yang dituliskan setelah tanda pagar (#). Pertama kali populer di Twitter, kini hashtag telah berkembang menjadi sebuah link yang dapat dicari. Dengan meng-klik link hashtag, pengguna dapat melihat berbagai post yang menggunakan hashtag yang sama. Hashtag dapat kamu gunakan pada beberapa produk berkategori sama untuk memudahkan kamu mengorganisasinya. Sebagai contoh, ketika kamu menambahkan hashtag #Diskon pada barang-barang yang sedang didiskon, audiens akan berusaha untuk melakukan pencarian hashtag tersebut dengan harapan bahwa mereka akan melihat barang lain yang juga sedang mendapat diskon.

(Visited 57 times, 1 visits today)