Memilih Indikator

In Panduan Analisa Teknikal by Kia Pratiwi

Satu kesulitan yang biasanya dihadapi oleh trader baru setelah dia menyadari pentingnya analisis sebelum melakukan open position adalah: bagaimana memilih indikator yang paling tepat. Terus terang waktu pertama kali newbie mencoba melakukan open position, newbie sama sekali belum paham satu indikator pun. Alhasil, newbie cuma bisa melihat dan megira-ngira gerakan chart, itupun chart yang newbie amati berbentuk garis! Karena bagaimana memilih type chart-pun newbie belum tau.  Baru setelah beberapa lama, newbie menyadari bahwa cara open position yang asal tebak seperti itu sama sekali tidak bisa dipertanggungjawabkan hasilnya. Akhirnya, newbie mulai terpacu untuk mencoba memahami indikator dan masing-masing fungsinya. Tapi ternyata kesadaran akan perlunya indikator ini justru awal dari masalah yang lain. Bukan apa-apa, saking banyaknya indikator yang tersedia dan coba newbie pahami, akhirnya newbie jadi bingung sendiri, indikator mana yang harus dipakai?

Tahapan Memilih Indikator


  • Connector.

    Pertama

    setiap indikator itu punya keunggulan dan kelemahan masing-masing. Kalau anda cukup telaten dan cukup punya banyak waktu, anda bisa telaah sendiri masing-masing keunggulan dan kelemahan dari indikator-indikator tersebut.

  • Connector.

    Kedua

    Tapi bagi anda yang kurang telaten, disarankan untuk cukup memilih 3 indikator yang masing-masing menggambarkan: trend, momentum dan support-resistant.

Kesimpulan :
Penjelasan di atas hanya sekedar saran. Anda bebas memilih indikator yang menurut anda paling mudah dipahami. Para ahli analisis bilang : semua indikator pada hakekatnya sama baiknya, yang penting adalah bagaimana kita memahami indikator tersebut. Memahami indikator memang memerlukan ketelatenan tersendiri. Tapi selama kita enjoy dalam melakukannya, semua akan terasa asyiknya kok. Jadi, jadikanlah trading sebagai sesuatu yang dinikmati. Jangan dibikin stress deh… Bukankah asyiknya trading itu justru di utak-atiknya itu.
(Visited 45 times, 1 visits today)