Menjadi Master Hanya Pada Satu Strategi Trading

In Strategy Trading by Reza Pahlevi

Jika Anda telah membuat satu sistem strategi trading yang menurut Anda cukup mumpuni, apakah Anda konsisten menerapkannya dalam trading Anda, atau mungkin Anda selalu merubah strategi trading setiap minggu? Jika Anda selalu berganti strategi dari yang telah Anda pilih sebelumnya, itu artinya Anda tidak fokus pada satu sistem strategi trading yang telah Anda adopsi dan tidak konsisten menggunakannya, sehingga hasil trading yang Anda dapatkan boleh jadi tidak konsisten juga.

masterTrader yang mengadopsi strategi trading yang sama sekali baru seharusnya tidak terpengaruh oleh strategi sebelumnya yang mungkin sering gagal dalam penerapannya. Kita harus melupakan stategi lama dan benar-benar fokus pada konsep dan cara kerja sistem strategi baru yang ingin kita terapkan tersebut.

Jika kita benar-benar fokus dan belajar untuk menjadi master pada satu strategi trading dengan setup yang kita telah adopsi, maka cara berpikir kita akan terlatih untuk lebih obyektif dan disiplin, dua hal yang seharusnya dimiliki oleh para trader. Mungkin dibutuhkan waktu yang lama untuk proses pembelajaran tersebut, tetapi hasil trading kita akan membaik dengan dramatis seiring proses tersebut. Dan bila kita telah benar-benar menjadi master atas strategi trading yang kita pilih, kita akan bisa membuat keputusan yang cepat dan tepat pada saat setup kita sudah memenuhi kondisi pasar, sehingga kita entry dengan penuh percaya diri dan obyektif. Tidak perlu mencari trading system yang bisa menciptakan ‘holy grail’, bahkan para trader profesional yang telah menguasai beberapa sistem strategi trading bisa dengan mudah dan obyektif memilih strategi mana yang digunakan untuk beberapa kondisi pasar yang berbeda-beda.

Disiplin dan obyektivitas yang dihasilkan dari proses pembelajaran itu akan berakibat pada aspek trading lainnya seperti manajemen resiko yang lebih baik dan faktor ketenangan serta kepastian dalam mengambil keputusan. Jika Anda tidak fokus pada satu strategi trading, dan ada pada beberapa strategi trading yang hendak Anda terapkan, maka Anda tidak akan benar-benar pasti dan bijaksana dalam mengambil suatu keputusan. Jadi Anda harus benar-benar menjadi master dan berfokus pada satu strategi saja.

Informasi
Tujuan utama kita hanya mengandalkan satu strategi trading saja adalah mengurangi banyaknya variabel baik indikator teknikal maupun data-data fundamental yang pada akhirnya menimbulkan konflik, keragu-raguan bahkan overtrade akibat kurang percaya diri dalam menyikapi kondisi pasar.

12Boleh jadi kita mencari strategi trading yang baru karena mungkin strategi yang kita gunakan saat ini tidak bekerja optimum. Jika Anda mengadopsi suatu strategi trading dari seorang trader profesional, hal yang utama adalah Anda harus benar-benar larut dalam filosofi trading mereka dan belajar secara detail untuk penerapannya dalam kondisi pasar yang berbeda-beda. Seperti pada strategi trading dengan price action, untuk kondisi pasar yang berbeda kita gunakan setup yang berbeda pula.

Secara umum, faktor apa yang membuat orang-orang seperti Bill Gates, atau Tiger Woods atau George Soros bisa menciptakan uang yang yang begitu fantastis, sementara yang lain terus berjuang mati-matian untuk memperolehnya? Jawabannya adalah karena orang-orang tersebut mengandalkan spesialisasi, atau berfokus hanya pada bidang tertentu yang mereka jadikan andalan untuk menciptakan uang. Mungkin mereka pernah gagal dan bangkit lagi, tetapi tetap fokus pada apa yang telah dipilih untuk tetap ditekuni, sehingga mereka benar-benar menjadi master dalam bidangnya. Jadi kita tidak akan pernah benar-benar menciptakan uang tanpa mengandalkan spesialisasi. Ini berlaku umum, termasuk tentunya dalam trading forex, bidang yang kita tekuni. Dengan spesialisai hanya pada strategi price action serta mengetahui filosofi dan kaidah-kaidahnya dengan saksama untuk diterapkan pada kondisi pasar yang berbeda-beda, Anda akan benar-benar memperoleh hasil trading yang sangat signifikan.

trikStrategi trading dengan mengandalkan price action tidak selalu sama untuk setiap kondisi pasar. Penerapan price action diawali dengan pengamatan kondisi pasar untuk menentukan variabel dan timing kita untuk entry. Kondisi pasar yang trending dan sideway tentu berbeda variabelnya dan indikasi pin bar yang terbentuk juga berbeda makna. Dengan kita menjadi master pada setup variabel price action, kita akan dengan mudah menentukan timing kita untuk entry market sehingga tidak kehilangan momen.

(Visited 81 times, 1 visits today)