Merayakan Ulang Tahun ke-135 Max Born, Sang Fisikawan Perintis

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

GOOGLE merayakan ulang tahun ke-135 Max Born, seorang fisikawan Jerman dan matematikawan yang dianugerahi Hadiah Nobel atas kontribusinya terhadap bidang mekanika kuantum. Max Born menjadi tema Google Doodle hari ini, Senin, 11 Desember 2017.

INFO :
Mekanika kuantum sendiri adalah salah satu bab fisika yang mempelajari materi pada tingkat yang sangat rinci. Bidang ini mendorong penemuan penting seperti komputer pribadi, laser, dan perangkat pencitraan medis (MRI). Matematika kuantum telah mengubah peta perkembangan teknologi.

Max Born meraih gelar Ph.D di Universitas Göttingen, Jerman. Di sana ia kemudian menjadi profesor fisika teoretis. Ia berkolaborasi dan menjadi mentor beberapa ilmuwan paling terkenal saat itu. 

Sejarah Max Born

Sebagai pelajar jenius, Born meraih gelar Ph.D. di Universitas Göttingen, Jerman, yang kemudian menjadi profesor fisika teoretis. Dia juga menjadi mentor beberapa ilmuwan paling terkenal saat itu. Dia juga bersahabat dengan Eisntein. 

Namun sayang pada 1933, Born terpaksa melarikan diri dari Jerman ke Inggris, tempat dirinya menjabat sebagai Professor Filsafat Alam di Universitas Edinburgh selama hampir dua dekade sampai pensiun pada tahun 1954 saat kembali ke Göttingen.

Max Born dianugerahi Nobel pada tahun 1954 untuk Born Rule - sebuah teori kuantum yang menggunakan probabilitas matematis untuk memprediksi lokasi partikel gelombang dalam sistem kuantum. Teori sebelumnya mengemukakan bahwa persamaan gelombang adalah pengukuran yang tepat, yang melibatkan percobaan pengukuran fisik yang rumit.

5 fakta tentang Max Born

(Visited 5 times, 1 visits today)