Mudahnya Menganalisa Pasar Finansial Dengan Support dan Resistance

In Strategy Trading by Della Fitriani

support dan resistance

Sudah berapa indikator yang anda gunakan dalam trading anda ? Atau bahkan mungkin sudah berapa banyak EA yang anda beli untuk membantu trading anda ? Mau sampai kapan anda akan mengandalkan indikator maupun EA tanpa dibantu dengan kemampuan anda untuk menganalisa pasar. Sebenarnya menganalisa pasar itu gampang – gampang susah, anda hanya perlu tahu dimana support dan resistannya untuk menentukan kapan harus buy dan kapan harus sell. Karena pada dasarnya hal tersulit dalam trading itu adalah menentukan kapan harus Buy dan kapan harus Sell. Sebelumnya mari kita kenalan dengan support dan resistan.

Apa itu Support ?

Support adalah suatu tingkat harga dimana biasanya terjadi tekanan jual yang diimbangi oleh pembelian ,sehingga harga menjadi balik arah ketas.
Support dibentuk dengan menggambarkan garis yang menghubungkan minimal 2 (dua ) titik terendah yang sejajar.

Apa itu Resisntance ?

Resistance adalah suatu tingkat harga dimana biasanya tekanan beli diimbangi oleh kenaikan penjualan,sehingga kenaikan harga dapat tertahan ,bahkan menjadi balik arah kebawah. Resistance dibentuk dengan menggambarkan minimal 2(dua0 titik tertinggi yang sejajar.

Support dan resistance merupakan istilah yang populer yang dalam dunia trading. Konon, trading tanpa menentukan support dan resistance akan menyebabkan kerugian. Namun benarkah demikian? Sebetulnya apa itu support dan resistance? Nah, kali ini kita akan belajar mengenali metode-metode support dan resistance untuk trading forex.

Cara Menentukan Support dan Resistance

Setelah memahami pengertian dari support dan resistance, kini saatnya Anda menentukan support dan resistance tersebut. Tahukah kalian ada banyak cara menentukan support dan resistance ? ada beberapa cara untuk menentukan support dan resistance. Mari kita membahasnya satu demi satu.

Metode ini merupakan cara sederhana untuk menentukan support resistance, dengan melihat data historis dimana harga-harga tertahan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa langsung melihat saja dari gambar.

cara menentukan titik tertinggi dan terendahnya anda bisa menarik sendiri garis horizontal, tarik garis dari titik yang plaing terendah untuk garis upport nya dan titik yang paling tinggi untuk menentukan resistance nya.

Inti dari cara ini adalah Anda cukup melihat dimana harga banyak tertahan. Semakin besar timeframe yang digunakan, kecenderungannya akan semakin valid support dan resistance tersebut.

(Visited 170 times, 1 visits today)