Nama Bluetooth Berasal dari Nama Raja Denmark

In Berita Terhangat dan Terkini by Della Fitriani

Pengguna perangkat pintar saat ini mungkin sudah tak asing lagi dengan teknologi bluetooth. Hal itu lumrah mengingat teknologi nirkabel ini masih terus digunakan sampai sekarang, mulai dari smartphone, speaker, termasuk headphone Namun tahukah kamu, seperti apa asal-usul nama bluetooth? Berdasarkan informasi yang dikutip dari Business Insider, bluetooth ternyata nama julukan raja Viking yang memimpin Denmark dan Norwegia pada tahun 958 hingga 985. Nama raja tersebut adalah Harald ‘Blåtand’ Gormsson dan dikenal berhasil menaklukkan dua negara itu dalam satu pemerintahan. Selain di bidang pemerintahan, Gormsson juga dikenal dengan giginya yang mati dan memiliki warna abu-abu atau biru tua. Karenanya, ia mendapat julukan Blåtand, yang secara harfiah diartikan dari bahasan Denmark sebagai bluetooth.

Gormsson juga dikenal karena giginya yang mati

Gormsson juga dikenal karena giginya yang mati. Begitu menonjolnya sehingga nama panggilannya adalah Blåtand, yang secara harfiah diterjemahkan dari bahasa Denmark menjadi “Bluetooth”.

Kemudian pada 1996, teknologi jarak pendek masih dalam tahap awal, di mana Intel memiliki program yang disebut Biz-RF, perusahaan telekomunikasi Swedia Erisson memiliki MC-Link, dan Nokia memiliki Low Power RF.

Ketiga powerhouse dengan cepat menyadari bahwa cara terbaik untuk mendorong teknologi maju dalam industri dan menghindari fragmentasi adalah menciptakan standar nirkabel tunggal.

(Visited 17 times, 1 visits today)